Memiliki pekerjaan impian setelah lulus kuliah tentu menjadi idaman setiap orang, karena untuk mendapatkannya kamu harus melewati banyak tahap dan perjuangan yang tidak mudah. Namun setelah masuk kerja tidak berarti semuanya berjalan dengan lancar, bedanya budaya kampus dengan lingkungan kerja juga membuat kamu harus pandai menyesuaikan diri agar bisa survive di sana.
Masalah kerja yang sering dialami anak baru di kantor tentu tidaklah mudah untuk dilewati, namun jika kamu tahu bagaimana cara mengatasinya kamu akan lebih mudah untuk menghadapinya. Buat kamu yang sedang mengalami masa-masa sulit tersebut beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan.Â
1. Mengetahui budaya kerjaÂ
Saat mengetahui bahwa kamu diterima ke dalam sebuah perusahaan, cobalah mulai mencari budaya kerja di sana lewat tampilan website atau media sosial yang mereka miliki. Cara ini akan memberikan insight baru buat kamu bagaimana cara berpakaian, bersikap, hingga menjalin komunikasi saat berada di sana.
Saat kamu melihat tampilan design dan bahasa yang digunakan terkesan casual, kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa budaya kerja di sana menyenangkan dan tidak terlalu serius. Biasanya perusahaan startup atau agensi digital memiliki budaya yang terkesan lebih santai dan menyenangkan.
2. Cobalah menjadi pendengar yang baik
Menjadi pendengar yang baik akan lebih mudah untuk menangkap apa yang disampaikan oleh orang lain. Kamu sebagai karyawan baru akan di briefing sebelum memulai kerja, untuk itu dengarkanlah setiap instruksi dengan baik agar kamu bisa menjalankan pekerjaan dengan benar.
3. Tidak malu untuk bertanya
Daripada berbuat kesalahan di hari pertama, berani untuk bertanya jika ada instruksi yang kamu anggap kurang jelas menjadi solusi yang paling tepat. Beranilah dan jangan sungkan untuk bertanya, namun jika kamu takut dianggap tidak kompeten karena terlalu banyak bertanya, kamu bisa mengumpulkan list segala hal yang menurut kamu membingungkan dan tanyakan sekaligus.
4. Memiliki sikap inisiatif