Mohon tunggu...
Hidayatul Muanifah
Hidayatul Muanifah Mohon Tunggu... Guru - An English Teacher

Saya adalah seorang Ibu yang berprofesi sebagai Guru di sebuah SMP Negeri yang memiliki hobi memasak, menulis, dan membuat kue.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Program Pembelajaran yang Berdampak pada Murid

11 Juli 2022   20:31 Diperbarui: 11 Juli 2022   20:39 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"KOSA KATA UNTUK SEMUA (ENGLISH VOCABULARY FOR ALL)"

Itulah tagline yang saya buat untuk melengkapi proses pembelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SMP yang saya bawakan di kelas-kelas saya. Yang mendasari saya untuk membuat program ini adalah bagaimana saya bisa mengelola suatu program yang akan berdampak pada murid terutama dalam bidang saya mengajarkan mereka Bahasa Inggris. Berikut adalah deskripsi aksi nyata saya yang tertuang melalui refleksi dengan model 4F (Fact, Feeling, Finding, and Future)

FACT
1. Latar Belakang

Program ini dibuat dalam lingkup kelas Bahasa Inggris pada jenjang SMP khususnya kelas 7. Kelas 7 SMP merupakan murid baru yang mana sebagian besar dari mereka masih sangat asing dengan pelajaran Bahasa Inggris. Program Kosa Kata untuk Semua ini diharapkan mampu menjembatani interaksi sosial secara positif, arif, dan bijaksana sesuai karakteristik lingkungan program yang berdampak pada murid. Murid-murid diharapkan berinteraksi positif dalam hal pembentukan kosa kata Bahasa Inggris yang akan menunjang pembelajaran.

Yang mendasari saya untuk melaksanakan aksi nyata ini adalah pengamatan pembelajaran sebelumya bahwa di kelas 7, para murid merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan pembelajaran Bahasa Inggris karena minimnya kosa kata yang dimiliki. Butuh suatu pembiasaan untuk dapat menguasai kosa kata yang berhubungan dengan materi yang diberikan di dalam kelas.

Dengan aksi nyata ini saya berharap terbentuk suatu kebiasaan baik di antara murid untuk belajar menyenangkan membentuk kosa kata Bahasa Inggris. Dalam pelaksanaannya, saya melibatkan Students' Agency guna memupuk kemandirian dan kepemimpinan murid. Mulai dari bahan-bahan apa saja yang diperlukan, bagaimana aturan mainnya, dan siapa saja yang terlibat, serta pembentukan penanggung jawab kegiatan (Students' Voice). Guru disini sebagai pemonitor dan fasilitator kegiatan serta memberi penguatan kepada para murid untuk berdikari. Guru juga menyediakan berbagai pilihan materi yang sesuai dengan kurikulum dan akan mereka pilih secara mufakat (Students' Choice). Dengan terlibat langsung dalam program ini diharapkan muncul Students' Ownership yang akan dimiliki setiap murid di kelas tersebut.

2. Hasil Aksi Nyata

          Dari pengamatan yang dilakukan pada aksi nyata Kosa Kata untuk Semua ini terlihat bahwa antusias murid untuk bekerja sama (gotong royong) dalam melaksanakan program ini sangat baik. Selain itu, kemandirian (mandiri) dalam bertanggung jawab atas tugas yang telah dibagi kepada setiap murid juga terlihat baik. Murid secara bergantian menuliskan Kosa Kata hari ini dan membacakannya di depan teman-temannya. Hal positif lain yang tak luput dari pengamatan adalah kreatifitas (kreatif) murid menjadi terasah. Tidak hanya menuliskan pada papan yang disediakan, mereka juga membuat wordwall yang mudah dilihat untuk di tempel di sudut-sudut kelas.

          Untuk hasil akademik, memang belum bisa terlihat karena baru berjalan, namun antusias belajar para murid dalam pelajaran Bahasa Inggris dirasa sudah menjadi hasil awal yang baik untuk selanjutnya mendapatkan monitoring dari guru.

3. Pelaksanaan Kegiatan Aksi Nyata

a. Guru mengajak murid untuk berdiskusi terkait program Kosa Kata untuk Semua.

Murid kelas 8H diajak keluar ruangan untuk duduk bersama dan memetakan kekuatan/ potensi yang sudah dimiliki untuk menunjang pelaksanaan program ini. Guru mempersilahkan murid untuk memimpin diskusi-diskusi kecil dalam melaksanakan program ini.

b. Murid memetakan kekuatan/potensi dalam pelaksanaan program Kosa Kata untuk Semua.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dalam ruang diskusi kecil, murid memetakan kebutuhan apa saja yang akan dibutuhkan, mengkonsultasikan kepada guru mapel materi apa saja yang akan ditampilkan, pembagian tugas dalam jadwal kegiatan.

c. Murid mempresentasikan hasil diskusi pelaksanaan program Kosa Kata untuk Semua.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Murid secara bergantian memaparkan hasil diskusinya dan guru membantu untuk mencatat hal-hal penting yang ditemukan bersama.

d. Murid melaksanakan program Kosa Kata untuk Semua.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Bersama-sama menyiapkan pojok Kosa Kata dengan menempel whiteboard yang akan digunakan untuk menulis kosa kata hari ini. Kosa kata akan diganti setiap 3 hari 1 kali untuk membuat dampak yang signifikan di kalangan murid yang membacanya. Dalam satu waktu, murid yang bertugas menulis juga bertugas membacakan dengan lantang kosa kata hari ini.

FEELING

          Perasaan yang saya rasakan setelah melaksanakan aksi nyata program yang berdampak pada murid ini yakni merasa sangat senang dan bangga kepada para murid. Dengan mengajak mereka merumuskan program ini, mereka menjadi murid-murid yang bertanggung jawab dan memiliki kepemilikan akan program ini.

FINDING

          Pembelajaran yang dapat ditemukan dalam kegiatan program Kosa Kota untuk Semua ini adalah bagaimana mengajak murid mengasah kemampuan murid dalam menjadi pemimpin pembelajaran. Mengenalkan para siswa dengan istilah students' voice, students' choice, and students' ownership menjadikan murid menjadi lebih percaya diri. Berikutnya adalah dampak yang terlihat adalah dengan diadakannya program ini menjadi salah satu cara dalam menghadapi salah satu permasalahan pembelajaran Bahasa Inggris yakni minimnya kosa kata murid kelas 7.

          Adapun kendala yang dialami pada saat pelaksanaan adalah melaksanakan jadwal yang sudah ditentukan. Solusi yang dilaksanakan atas kendala ini adalah membuat jadwal yang sesuai dengan jadwal Pembelajaran Bahasa Inggris untuk melaksanakan kegiatan ini 10 menit sebelum pembelajaran.

          Keberhasilan yang dapat dilihat adalah bertambahnya kosa kata Bahasa Inggris para murid sehingga menunjang pembelajaran. Kreatifitas para murid juga perlu mendapatkan sorotan, karena dengan terlibat langsung dalam pembelajaran yang berdampak pada murid maka timbul kreatifitas yang tak terduga.

FUTURE

Rencana perbaikan yang akan dilakukan di masa yang akan datang antara lain:

  • Memantau pelaksanaan program.
  • Mengevaluasi program.
  • Memberi pengembangan program yang sudah berjalan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun