Mohon tunggu...
Hidayat
Hidayat Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Teknik Industri - Universitas Muhamamdiyah Gresik

Sepatutnya kita harus selalu belajar dalam hal apapun Kunjungan lebih jauh tentang saya (http://www.hidayatsidayu.com/)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dosen UMG Paparkan Inovasi Pembelajaran Flow-Deep Learning Untuk Potensi Diri Mahasiswa Difabel di Seminar Hasil Kemendikbudristek 2024

15 Desember 2024   12:16 Diperbarui: 15 Desember 2024   12:16 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Humas Kemendikbud

BSD, 15 Desember 2024 -- Kemendikbudristek kembali menggelar Seminar Hasil Inovasi Pembelajaran di Grand Zury Hotel BSD pada 14-15 Desember 2024. Seminar ini mengundang berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia untuk berbagi pengalaman mengenai inovasi dalam dunia pendidikan. Salah satu yang menarik perhatian adalah presentasi dari Dosen Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) yang mengangkat tema "Inovasi Flow-Deep Learning dalam Pembelajaran Mahasiswa Difabel".

Seminar ini merupakan wadah penting untuk memperkenalkan hasil riset dan inovasi dalam dunia pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan keberagaman dan inklusivitas. Dosen UMG, Hidayat, S.T.,M.Eng., menjadi salah satu yang menjalankan riset ini, menjelaskan bagaimana pendekatan flow-deep learning dapat memberikan solusi dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa difabel.

Dalam pemaparannya, Hidayat mengungkapkan bahwa konsep flow-deep learning merupakan pengembangan dari pendekatan pembelajaran berbasis teknologi yang menggabungkan elemen alur (flow) dengan kemampuan deep learning untuk menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan setiap individu, termasuk mahasiswa dengan kebutuhan khusus. Teknologi ini memungkinkan proses adaptasi materi yang lebih personal dan efektif melalui penggunaan algoritma pembelajaran mesin yang mendalam.

"Flow-deep learning bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang mendalam dan menyeluruh bagi mahasiswa difabel, dengan menyediakan berbagai bentuk aksesibilitas, seperti teks ke suara, navigasi suara, dan penggunaan antarmuka yang ramah pengguna. Pendekatan ini membantu mereka meraih pengalaman belajar yang tidak kalah dengan mahasiswa pada umumnya," jelas Hidayat.

Selain itu, Hidayat juga memaparkan bagaimana teknologi ini dapat mendeteksi kesulitan yang dihadapi mahasiswa difabel dalam proses belajar dan secara otomatis menyesuaikan tingkat kesulitan materi agar lebih mudah dipahami, memberikan pengalaman belajar yang lebih lancar dan menyenangkan.

Seminar ini juga menjadi ajang penting untuk mendorong kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan pihak-pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk mahasiswa difabel. Para peserta seminar berharap agar riset dan teknologi serupa dapat diterapkan lebih luas di perguruan tinggi di Indonesia untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan aksesibel bagi semua pihak.

Seminar ini diakhiri dengan diskusi panel yang melibatkan berbagai pakar di bidang teknologi pendidikan dan inklusivitas, serta presentasi dari sejumlah universitas lain yang mengangkat topik serupa. Ke depan, diharapkan lebih banyak perguruan tinggi yang dapat mengadopsi teknologi inovatif ini untuk mendukung pendidikan inklusif dan mewujudkan pendidikan yang berkeadilan.

Dengan kontribusi signifikan dari dosen-dosen yang lolos hibah pendanaan ini, seminar ini menegaskan pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan tinggi untuk memastikan setiap individu, termasuk mahasiswa difabel, memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berprestasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun