Mohon tunggu...
Hidayatullah
Hidayatullah Mohon Tunggu... Wiraswasta - IAIN Jember

Jika kita tidak memiliki apa yang kita cintai, maka cintailah apa kita miliki..

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengenal Marketing Plan, Apa Itu?

18 April 2020   19:36 Diperbarui: 18 April 2020   19:38 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Marketing berasal dari bahasa Inggris, yang artinya adalah pemasaran. Dan secara umum meliputi beberapa aspek, mulai dari aktivitas, kemudian rangkaian institusi, serta proses dalam menciptakan, melakukan komunikasi, hingga pertukaran sesuatu yang bernilai. Yaitu produk berupa barang atau jasa yang dibuat dengan uang. Marketing ini dilakukan dengan masyarakat sebagai pangsa pasar.

Dalam pemasaran, ada yang namanya marketing plan. Dan salah satu cakupannya adalah strategi pemasaran. Aspek ini sangat penting bagi suatu perusahaan, karena dalam strategi ada langkah-langkah untuk mencapai suatu tujuan. Secara spesifik lagi, strategi ini terdiri atas rangkaian rencana dan rancangan program tentang proses pencapaian goals.

Secara universal, ada 4 konsep dasar dalam marketing. Di dalamnya juga termasuk rencana pemasaran, yang mana harus diketahui oleh calon pengusaha, atau pun marketer. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

4 Konsep Dasar dalam Marketing

1. Produksi
Tahap ini adalah sebuah proses pengolahan bahan baku mentah, ke bahan jadi. Ini dilakukan dalam rangka menambah nilai atau harga suatu produk. Baik itu barang maupun jasa, tujuannya tak lain adalah untuk mendapatkan produk terbaik. Tim marketing harus terlebih dahulu melakukan sebuah riset sehingga memahami apa yang paling dibutuhkan oleh pasar.

2. Produk
Produk merupakan sesuatu (hasil), yang ditawarkan oleh penjual kepada masyarakat sebagai target konsumen. Secara umum, produk terbagi dalam tiga kategori, antara lain: Gagasan, barang, dan jasa. Perlu diketahui, kalau setiap orang pasti menginginkan produk dengan kualitas terbaik. Namun harganya juga terjangkau.

3. Marketing
Marketing atau pemasaran, merupakan rangkaian kegiatan individu atau organisasi. Dalam usaha untuk menjaga permintaan pasar. Proses tersebut meliputi: Menciptakan produk hingga transaksi. Hingga produk sampai ke tangan konsumen. Dimana sebelumnya pasti sudah melalui proses seperti promosi, tawar menawar, deal, pemesanan, dan sebagainya.

4. Penjualan
Konsep terakhir dalam marketing adalah penjualan produk. Semakin banyak produk yang terjual, maka semakin tinggi pula nilai keuntungan yang didapatkan. Untuk bisa mencapai target nominal tertentu, banyak pihak yang kemudian merekrut reseller. Atau secara cuma-cuma memberikan reward kepada customer setia supaya tetap berlangganan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun