Mohon tunggu...
Nur Hidayah Hanifah
Nur Hidayah Hanifah Mohon Tunggu... -

UIN MALANG

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mari Kita Lihat Potensi dan Hasil dari Anak Usia Dini Kita

11 Juni 2014   12:57 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:16 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Penilaian pada anak usia dini perlu gak sih???? Dalam sebuah lembaga apalagi lembaga pendidikan pastinya penilaian dan evaluasi itu sangat diperlukan untuk mengetahui proses pembelajaran itu dapat berjalan dengan baik ataukah tidak. Evaluasi dan penilaian itu digunakan sebagai patokan dalam pengambilan keputusan bagisi anak didik. Maksudnya pengambilan keputusan adalah bagaimana cara kita sebagai pendidik memperlakukan anak didik kita sesuai dengan kemampuan mereka terutama AUD (anak usia dini) yang mereka dalam proses penggalian potensi.

Dalam proses pembelajaran untuk anak usia dini metode yang sangat baik adalah dengan cara:

1.Metode bermain yaitu bertujuan untuk merangsang kinerja otak anak dalam belajar dengan permainan. Disini anak akan mengembangkan daya fikirnya untuk berimajinsi dan belajar bermain ini akan menghilangkan sifat jenuh mereka. Permainan disini harus permainan yang mempunyai arti maksudnya permainannya harus dapat merangsang kognitif, psikomorik dan efektif anak.

2.Metode cerita yaitu bertujuan agar anak lebih diajarkan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Dalam metode ini guru seharusnya menyelipkan nilai-nilai moral kepada anak, agar anak sudah mengerti tentang etika sejak dini.

3.Metode menyanyi adalah salah satu metode yang disukai oleh anak karena nak cenderung ceria dan melakukan kegiatan menyanyi. Setiap alunan nada adalah setiap ritme yang terdapat pada otak dalam pembentukan karakter dan emosi si anak.

Selanjutnya bagaimana kita dalam mengevaaluasi anak usia dini??? Beberapa cara kita sebagai pengajar dalam mengevaluasi anak usia dini adalah pertama, dengan cara pengamatan atau observasi yaitu guru akan mengamati proses perkembangan anak setiap hari yaitu perkembangan kognitif, psikomorik dan afektif anak usia dini. Kedua, wawancara ini dilakukan pada anak atau orang tua anak dalam mencari yahu perkembangan si anak. Ketiga, sosiometri yaitu adalah evaluasi yang dilakukan apakah anak itu berkedudukan baik diantara teman-temannya ataumalah disisihkan. Ke empat adalah catatan adekdot yaitu guru mencatat kegiatan-kegiatan tertentu yang ada dalam proses pembelajaran. Ini adalah beberapa evalusi dan penilaian terhadap perkembangan yang dilakukan untuk anak usia dini di playgroup. Semoga bermanfaat ^_^………………..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun