Mohon tunggu...
Heti Rukmana
Heti Rukmana Mohon Tunggu... Pustakawan - Salam Literasi dari Pulau Bangka !

every journey begins with a single step.and you'll never finish if you don't start.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Hari Ini, 4 Tahun Menjadi Ketua RT

10 Juli 2022   21:40 Diperbarui: 10 Juli 2022   22:12 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

 "Pemimpin tak lahir karena ijazah, tapi oleh kerja keras dan kepedulian yang terus diasah."
- Najwa Shihab

Singkatnya Rukun tetangga merupakan lembaga kemasyarakatan  yang dibentuk untuk membantu tugas pemerintah. Dikota2 besar RT menjadi profesi yang disegani dan jadi bahan rebutan. Tpi dibeberap wilayah juga banyak yang menolak bahkan tidak tertarik untuk menjadi RT.

Saya sendiri mulai menjadi RT ditahun 2018 bahkan saat itu saya belum menikah .. sempat mengundurkan diri dijuni 2020 sampai Juni 2021 . Pengunduran diri ini pun dilatarbelakangi ketidak sepahaman dengan pemimpin teratas dikelurahan waktu itu. kemudian terpilih kembali dijuli 2021 ,Pemilihan dilakukan dengan pungutan suara warga. Dan Saya terpilih menjadi ketua RT 07 lingkungan Kenanga, Kelurahan kenanga.
DiRt sya terdapat 127 KK dgn jumlah warga kurang lebih 3 ratusan.

Saya memahami betul sebagai RT saya berhadapan langsung dengan kehidupan sosial masyarakat.. bagaimana saya harus memperhatikan warga sya mulai dari yg kurang mampu, sakit hingga mengalami kasus hukum.

Saya banyak mendapat pengalaman ketika menjadi RT , mulai dari mendampingi warga, turun lapangan saat banjir, ikut mengatasi kerusuhan disekitar warga,dikirimkan makanan oleh warga, hingga saat saya harus menjalani proses hukum selama 21 hari karena menyuarakan Hak sehat untuk warga . Pengalaman yg luar biasa yg tidak semua orang bisa rasakan..

Saya menikmati prosesnya, proses saat saya disukai oleh warga atau sebaliknya saat ada yang tidak menyukai saya sebagai RT. Hampir 4 tahun menjadi RT dimana periode pertama saya ditunjuk untuk menggantikan RT lama kemudian periode kedua saya menang atas pemilihan warga..

Saya senang karena bisa terjun langsung kemasyarakat, memberikan kontribusi yang positif dan sedikit bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Walau terkadang kebijakan saya sebagai RT tidak diterima sebagian warga dan sebagian didukung itu adalah hal yg lumrah. Saya hanya perlu menempatkan diri untuk beradaptasi dengan kondisi warga ...
Karena Pengalaman adalah Guru yang paling jujur dalam membentuk jati diri....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun