Indonesia adalah negara dengan keragaman sosial, budaya, sumber daya alam dan lain-lain. Semuanya itu terangkum dalam semboyan "Bhineka Tunggal Ika", berbeda-beda tetapi satu juga. Banyak negara yang menganggap keanekaragaman negara Indonesia adalah sumber kekayaan yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, patutlah kita memiliki sikap rasa bangga terhadap tanah air kita dengan segala potensi yang dimiliki.
Keanekaragaman itu pula yang tercermin dalam berbagai kreatifitas anak-anak Indonesia yang tertuang dalam setiap produk-produk lokal. Keberagaman itu merupakan hasil produksi dari beragam jenis produksi UKM yang telah tumbuh begitu cepat. Dari data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia pada tahun 2019 tercatat sebanyak 65.465.497 unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah berdiri. Dengan serapan tenaga kerja sebanyak 119.562.843 orang.Â
Indonesia sudah sejak lama menggaungkan gerakan untuk mendukung sepenuhnya UMKM. Sungguh dirasakan masih banyak masyarakat termasuk penulis yang belum mengenal dengan baik tentang keseluruhan UKM beserta produk-produk lokal yang dihasilkan.
Secara jujur penulis hanya mengetahui secara terbatas berbagai produk UKM lewat pameran-pameran yang diadakan pemerintah daerah setempat di pusat-pusat perbelanjaan saja. Dan yang lebih sering terlihat adalah produk-produk dengan jenis kerajinan tangan buatan tangan anak-anak Indonesia.
Dengan pemasaran yang dilakukan terbatas seperti itu, ditakutkan membuat pendapatan bagi UKM tidak begitu signifikan. Hal ini tentu menjadi persoalan tersendiri.
Oleh karena itulah, Indonesia mewujudkan sebuah wadah yang menampung segala informasi terkait produk-produk lokal berikut UKM sebagai produsennya. Pemerintah menawarkan Katalog 100 #UKMJuWAra, lewat portal www.ukmjuwara.id sebagai portal promosi Brand-brand lokal UMKM yang dipersembahkan oleh WhatsApp bekerja sama dengan ukmindonesia.id dan didukung oleh Kementerian Perdagangan RI. Adapaun gerakan ini adalah sebuah gerakan #banggabuatanindonesia.
Lewat katalog yang bisa diakses secara online ini justru membuat masyarakat ataupun pelanggan dapat lebih dekat dan mengenal berbagai produk-produk UKM yang ditawarkan. Hal ini lumrah apalagi saat-saat pandemi Covid-19 seperti ini yang mengharuskan proses digitalisasi dapat menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Ini semua semata-mata demi efisiensi dan efektivitas terutama dari segi ekonomi.
Katalog 100 #UKMJuWAra 2021 menawarkan berbagai produk mulai dari makanan berat dan bumbu, minuman dan madu, camilan dan kue, pakaian, aksesoris hingga kerajinan. Produk-produk tersebut tersebar mulai dari wilayah barat hingga timur Indonesia.