Sejak berdiri pertama kali tahun 1953, Bank Indonesia sebagai lembaga negara publik, terus membangun komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai bentuk transparansi komunikasi kepada masyarakat. Dedikasi BI terhadap masyarakat tercermin melalui dukungan yang diberikan dalam berbagai aspek kehidupan di Indonesia, dengan tujuan memenuhi kebutuhan semua pihak yang terlibat.
Seperti di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga menjadi tahun yang penuh pencapaian bagi Bank Indonesia. Simak sederet penghargaan yang diraih oleh Bank Indonesia sepanjang tahun 2023 berikut ini!
IACA Currency Awards
IACA Currency Awards adalah ajang yang diselenggarakan untuk mengakui pencapaian dalam perkembangan dan inovasi di sektor pembayaran tunai. Kompetisi ini melibatkan partisipasi dari 29 negara selama tahun 2023.
Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022, yang terdiri atas tujuh pecahan, termasuk Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000, meraih gelar sebagai seri uang kertas baru terbaik dalam ajang International Association of Currency Affairs (IACA) Currency Award ke-17 tahun 2023 di Meksiko pada tanggal 16 Mei.
The Asia Pacific Stevie Award
The Asia Pacific Stevie Award adalah ajang penghargaan bisnis yang menghargai prestasi dan keunggulan di berbagai bidang bisnis di wilayah Asia Pasifik. Tahun ini, Bank Indonesia mendapatkan medali Gold untuk Kategori Human Resource, Sub Kategori Innovation in Human Resource Management, Planning and Practice.
The Asian Banker
Bank Indonesia meraih lagi penghargaan The Best Macroeconomic Regulator in Asia Pacific dari The Asian Bankers, setelah sebelumnya pernah meraih penghargaan yang sama pada tahun 2020. Penghargaan tersebut diterima dalam acara Leadership Achievement Awards Ceremony di Bangkok, Thailand, pada 13 Juni 2023. Ini merupakan penghargaan keempat berturut-turut yang didapatkan Bank Indonesia dari The Asian Banker sejak 2020.
OpenGov Asia
Bank Indonesia meraih penghargaan Indonesia Recognition of Excellece (QRIS) 2023. QRIS dianggap telah memberikan dampak yang signifikan dalam mendorong transformasi digital bagi masyarakat sekaligus tool luar biasa yang mampu membantu proses digitalisasi dan integrasi secara regional.
Contact Center World 2023
Contact Center World merupakan program tahunan untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang berkecimpung di dunia contact center. Setiap tahunnya, ajang ini diikuti oleh 50 lebih negara di dunia. Pada tahun 2023, pusat komunikasi atau contact center Bank Indonesia, BI Bocara mendapatkan 7 gold, 1 silver dan 2 bronze dalam 10 kategori. Penghargaan tersebut adalah:
- Best Organizational CX - Bronze
- Best Public Service - Bronze
- Best Use of Social Media - Silver
- Best in Customer Service - Gold
- Best Employee Wellness Program - Gold
- Best Contact Center Design Award - Gold
- Best Help Desk - Gold
- Best Incentive Scheme - Gold
- Best Outbound Campaign - Gold
- Best Employee Engagement - Gold
- Certified World Class untuk Public Services Center Bank Indonesia
- Certified World Class untuk Contact Center
Indonesia GPR Award
Top GPR Award 2023 adalah penghargaan prestisius yang diberikan kepada kementerian yang dianggap berhasil dalam pelaksanaan kegiatan humasnya untuk membangun kesadaran dan kepercayaan publik. Di tahun 2023, BI berhasil membawa pulang 2 penghargaan di ajang ini yakni:
- Kategori Humas Pemerintah Terbaik, Sub-Kategori General Manager mendapatkan medali Bronze
- Kategori Lembaga Humas Pemerintah Terbaik, Sub-Kategori Lembaga mendapatkan medali Gold.
Government Social Media Summit 2023
GSMS (Government Social Media Summit) adalah acara yang bertujuan untuk mendukung peningkatan dan menghargai kinerja komunikasi publik melalui media sosial yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Tahun 2023 ini, Bank Indonesia berhasil memboyong Penghargaan Best Performance in G20 dalam GSMS.
Selain beberapa penghargaan di atas, masih ada beragam penghargaan lainnya yang berhasil dicapai oleh BI. Prestasi ini mencerminkan keunggulan dalam berbagai bidang, dari desain uang hingga manajemen sumber daya manusia dan komunikasi melalui media sosial. Bank Indonesia tetap menjadi pemimpin dalam transformasi digital dan pelayanan publik, mendukung reputasi sebagai bank sentral yang andal dan berperan penting dalam membangun kepercayaan masyarakat.