Mohon tunggu...
heryanti septia
heryanti septia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S-1 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Strategi Green Marketing bagi Pelaku UMKM: Mahasiswa KKN Tematik Undip Kenalkan Produk Ramah Lingkungan (Paper Box Eco-Friendly)

11 Februari 2024   21:47 Diperbarui: 11 Februari 2024   21:50 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tembalang, 30 November 2023 -- Heryanti Septia, mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponergoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Tembalang, melalui program Green Marketing, yaitu Pengenalan Kemasan Produk Ramah Lingkungan (paper box eco-friendly) kepada Pelaku UMKM di sekitar wilayah RW.04 Kelurahan Tembalang.

Hal tersebut berangkat dari latar belakang masalah yang ada, bahwa "Pemberdayaan Masyarakat" yang menjadi tema dalam KKN Tematik ini memiliki perluasan makna, yakni tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar, namun juga memiliki mekanisme dalam mencegah kemiskinan lebih lanjut. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia dan juga sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru dalam mengurangi kemiskinan. Sektor UMKM di Indonesia akhir-akhir ini berkembang pesat, namun masih ada beberapa kendala untuk memperluas pasar dan bersaing di bidang bisnis.

Salah satu dari banyaknya kendala adalah pada minimnya pengetahuan mengenai bagaimana cara memaksimalkan produk usahanya. Berdasarkan pengamatan penulis, lingkungan sekitar Kampus Undip, khususnya di RW.04 Kelurahan Tembalang, merupakan salah satu wilayah yang termasuk kawasan strategis karena merupakan akses bagi para mahasiswa Kampus Undip dan warga setempat. Banyaknya mahasiswa yang berada di lingkungan sekitar Kampus Undip, memberikan dampak pada munculnya berbagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di lingkungan tersebut. Namun, pelaku UMKM di sekitar Kampus Undip, khsusunya di RW.04 Kelurahan Tembalang, masih memiliki wawasan terbatas mengenai bagaimana cara mengemas produk usaha yang ramah lingkungan, dimana pemakaian sumber daya terbatas dan sulit didaur ulang seperti plastik masih tidak terkendali dan mencemari lingkungan.

Oleh karena itu,  melalui program pengenalan strategi green marketing dan pemberian kemasan produk ramah lingkungan, yaitu paper box eco-friendly, pelaksanaan program pemberdayaan ini diharapkan dapat  memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM di lingkungan sekitar Kampus Undip untuk dapat memaksimalkan pemasaran produk usaha mereka dengan tetap meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan dalam proses produksi dan pemasaran produk sebagai bentuk kelestarian lingkungan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun