Berbicara tentang konsumen adalah sama dengan berbicara tentang uang.Â
konsumen adalah uang dan konsumen yang menjadi pelanggan adalah aset yang perlu dijaga dengan baik.
beberapa hari lalu saya melakukan riset kecil-kecilan, dengan 3 responden yang setia pada satu produk dan dari 3 responden bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. konsumen memperhatikan kualitas produkÂ
2. kepuasan pelanggan adalah kunci dari ketertariaknnya
3. apabila sudah merasa puas dengan satu produk maka konsumen tidak akan meninggalkan produk itu sampai ada produk dengan kualitas yang samaatau di atas itu.
hal ini diperkuat dengan teori Ekonomi Mikro "bahwa setiap konsumen akan berusaha memperoleh kepuasan maksimal. mereka akan berupaya meneruskan pembeliannya terhadap suatu produk apabila memperoleh kepuasan dari produk yang telah dikonsumsi, dimana kepuasan ini sebanding atau lebih besar dengan marginal utility yang diturunkan dari pengeluaran yang sama untuk beberapa produk yang lain."
untuk itu bagi para para pengusaha hendaknya memperhatikan kualitas dan kepuasan konsumen agar konsumen akan tetap menjadi pelanggan setia.
semoga tulisan ini bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H