Mohon tunggu...
Herwanto Bin Musa
Herwanto Bin Musa Mohon Tunggu... -

Mahasiswa yang sedang belajar ilmu psikologi di Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengapa Konsumen Menjadi Pelanggan Setia?

30 September 2016   05:01 Diperbarui: 30 September 2016   05:07 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Berbicara tentang konsumen adalah sama dengan berbicara tentang uang. 

konsumen adalah uang dan konsumen yang menjadi pelanggan adalah aset yang perlu dijaga dengan baik.

beberapa hari lalu saya melakukan riset kecil-kecilan, dengan 3 responden yang setia pada satu produk dan dari 3 responden bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1. konsumen memperhatikan kualitas produk 

2. kepuasan pelanggan adalah kunci dari ketertariaknnya

3. apabila sudah merasa puas dengan satu produk maka konsumen tidak akan meninggalkan produk itu sampai ada produk dengan kualitas yang samaatau di atas itu.

hal ini diperkuat dengan teori Ekonomi Mikro "bahwa setiap konsumen akan berusaha memperoleh kepuasan maksimal. mereka akan berupaya meneruskan pembeliannya terhadap suatu produk apabila memperoleh kepuasan dari produk yang telah dikonsumsi, dimana kepuasan ini sebanding atau lebih besar dengan marginal utility yang diturunkan dari pengeluaran yang sama untuk beberapa produk yang lain."

untuk itu bagi para para pengusaha hendaknya memperhatikan kualitas dan kepuasan konsumen agar konsumen akan tetap menjadi pelanggan setia.

semoga tulisan ini bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun