Mohon tunggu...
Hervanny ChuswatunHasanah
Hervanny ChuswatunHasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Gemini Girl

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan dan Pengoptimalan Pojok Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa SMP Pancasila 10 Jatisrono

14 Desember 2023   23:09 Diperbarui: 14 Desember 2023   23:24 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Membuat Pojok Baca/Dok Pribadi

WONOGIRI-Kampus Mengajar merupakan salah satu program unggulan dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek. Program Kampus Mengajar adalah program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi memberikan dampak positif bagi sekolah penempatannya sebagaimana ditentukan oleh tim program.

Salah satu fokus program dalam Kampus Mengajar angkatan 6 yaitu pengelolaan dan pemanfaataan pojok baca. Dalam hal ini, mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 6 membuat dan mengoptimalkan pojok baca sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa. 

Pojok baca merupakan sebuah tempat yang terletak di sudut ruangan yang dilengkapi dengan koleksi buku. Mahasiswa kampus mengajar membuat pojok baca di kelas VII dengan konsep minimalis dan semenarik mungkin dengan memberikan hiasan disampingnya sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman untuk digunakan oleh siswa. 

Sasaran dari program kerja pojok baca ini yaitu siswa SMP Pancasila 10 Jatisrono. Sebelum tahap pembuatan pojok baca, mahasiswa membuat hiasan dari origami seperti kupu-kupu, burung bangau, dan bintang terlebih dahulu. Selain itu, mahasiswa juga membuat tulisan ''Pojok Baca'' dan mencetaknya. 

Dalam melaksanakan program kerja ini mahasiswa mengajak siswa SMP Pancasila 10 Jatisrono untuk ikut berpartisipasi agar mereka dapat mengetahui makna bekerja sama dan melatih kreativitas mereka. Setelah hiasan tersebut selesai dibuat, mahasiswa dan siswa membersihkan tempat yang akan digunakan sebagai pojok baca secara bersama-sama. Kemudian, mahasiswa mulai membuat dan menghias pojok baca tersebut. 

Di samping itu, mahasiswa menyusun buku-buku fiksi yang biasanya digunakan dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada meja yang telah tersedia. Mahasiswa juga memberikan kursi untuk tempat duduk siswa ketika membaca. Pembuatan pojok baca bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dan menumbuhkan budaya literasi di sekolah.

Siswa Membaca Buku di Pojok Baca/Dok Pribadi
Siswa Membaca Buku di Pojok Baca/Dok Pribadi

Pada waktu luang, para siswa mengoptimalkan pojok baca tersebut dengan cara memanfaatkannya untuk membaca. Mereka sangat menikmati dan merasa nyaman untuk menggunakan fasilitas pojok baca tersebut. Setelah penugasan Kampus Mengajar angkatan 6 selesai, mahasiswa berharap agar siswa dapat terus memanfaatkan, menjaga, dan mengoptimalkan pojok baca tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun