Mohon tunggu...
Heru Muzaqi
Heru Muzaqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - politeknik harapan bersama

saya adalah mahasiswa politeknik harapan bersama

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

20 Juni 2024   14:25 Diperbarui: 20 Juni 2024   14:52 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di era digital saat ini, teknologi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang pendidikan.Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan telah membawa perubahan besar dan membuka peluang baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.Artikel ini mengeksplorasi berbagai peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan manfaat yang dibawanya.

1. Akses Informasi yang Luas

     Salah satu manfaat utama teknologi dalam pendidikan adalah meningkatkan akses  terhadap informasi.Melalui Internet, siswa dapat mengakses berbagai sumber belajar dari seluruh dunia, termasuk e-book, majalah, artikel, dan video pembelajaran.Platform seperti Khan Academy, Coursera, dan edX menawarkan kursus online dari universitas ternama yang dapat diikuti  siapa saja kapan saja,  di mana saja.

2. Pembelajaran yang Personal

     Teknologi memungkinkan pendekatan pembelajaran yang lebih personal.Aplikasi dan platform pembelajaran adaptif memungkinkan siswa  belajar  dengan kecepatan dan gaya belajar mereka sendiri.Misalnya, aplikasi seperti Duolingo untuk pembelajaran bahasa dan aplikasi matematika seperti Photomath dapat menyesuaikan materi dan latihan berdasarkan kemajuan dan kebutuhan individu siswa

3. Interaksi dan Kolaborasi yang Lebih Baik

     Teknologi juga membuka kemungkinan interaksi dan kolaborasi. Platform seperti Google Classroom, Microsoft Teams, dan Zoom memungkinkan guru dan siswa  berkomunikasi online secara real-time, berbagi materi, dan berkolaborasi dalam proyek.Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana pengajaran tatap muka terbatas, seperti pandemi COVID-19.

4. Evaluasi dan Umpan Balik yang Efektif

     Memanfaatkan teknologi memungkinkan evaluasi dan umpan balik yang lebih efektif.Perangkat lunak analitik memungkinkan guru memantau kemajuan siswa dengan lebih cermat dan memberikan masukan yang konstruktif.Platform seperti Kahoot! Juga, Quizizz menawarkan penilaian  nteraktif dan menyenangkan yang memotivasi siswa untuk belajar.

5. Pembelajaran Berbasis Game

     Pembelajaran berbasis permainan atau game based learning merupakan salah satu metode yang semakin populer berkat teknologi. Pendekatan ini menggunakan unsur permainan agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Kasus penggunaan seperti Minecraft: Education Edition dan Classcraft membantu siswa mengembangkan kreativitas, kolaborasi, dan keterampilan pemecahan masalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun