Biro iklan adalah salah satu jalan bagi produsen untuk mempromosikan produknya. Banyak sekali layanan yang diberikan oleh biro iklan, seperti strategi promosi, proses komunikasi pemasaran dan sebagainya. Walaupun layanan biro iklan terbatas, jasa ini sangat profesional dalam mengerjakan tugasnya sebagai penyedia iklan.
Dunia bisnis sangat lah luas, dengan keluasan itu, banyak sekali hal hal yang memang melanggar nilai-nilai agama, contohnya adalah mark up cost yang tidak diinformasikan secara transparan, lalu mengiklankan produk produk yang tidak di lebeli halal, ribawi, judi, riswah, dan sebagainya. Tujuan dibuat agency periklanan syariah ini adalah agar para klien yang ingin memakai jasa ini, tidak jatuh kepada hal hal yang dilanggar oleh syariat islam.
Dan tentunya, Agency syariah juga harus bekerja secara profesional, bertanggung jawab atas segala amanah yang diberikan klien, tidak ada transaksi gelap. Kalangan non muslim juga bisa menggunakan jasa agency syariah ini, dengan catatan produk yang di iklankan tentunya di lebeli halal, tidak mengandung ribawi, judi dan sebagainya. Biro iklan syariah memberikan layanan yang sesuai dengan syariat islam, Amanah, bertanggung jawab dan membuat klien nyaman dengan layanan agensi syariah ini.
Setiap perusahaan melakukan pemasaran dengan berbagai cara baik. Bisa melalui media elektronik, membuat iklan semenarik mungkin untuk menarik perhatian pelanggan dan konsumen. Iklan adalah komunikasi persuasif yang dimana sebuah perusahaan dapat memperkenalkan sebuah produknya dengan cara membuat iklan yang bertujuan agar dari iklan tersebut, pelanggan atau konsumen bisa membeli produk itu
Tetapi masih banyak sekali perusahaan jasa seperti contohna jasa telekomunikasi, yang melakukan pelanggaran praktik dalam memperluas jaringan pasar mereka. Mereka menawarkan tarif yang tidak wajar, sebagai contoh provider seluler, mereka menawarkan tarif yang tidak wajar, SMS dan internet gratis, dan undian berhadiah. Ini dapat merugikan masyarakat mengapa? Arena pesan yang disampaikan belum sepenuhnya objektif, lengkap dan belum bisa dipertanggungjawabkan. Secara konsep memang tidak merugikan konsumen, akan tetapi mendatangkan keburukan dalam pandangan islam.
Banyak iklan yang sering menipu masyarakat, beberapa iklan mengeksploitasi tubuh perempuan dalam iklan, seperti iklan kosmetik, parfum dan sebagainya. Dan yang lebih parah lagi, pemeran pemeran iklan masih memakai pakaian yang minim ditampilkan, model promosi ini melanggar akhlaqul karimah.
Perbuatan diatas mengabaikan nilai-nilai etika. Etika tersebut akan berdampak persaingan yang saling mengejek, menghalalkan segala cara, bahkan mencari kesalahan dari pihak lain. Islam melakukan kegiatan sesuai dengan syariat islam, yaitu tidak boleh melakukan sesuatu seperti permasalahan diatas, tidak boleh menipu, curang dan sebagainya.
Disinilah peran Agency periklanan syariah, bagaimana mengatur permasalahan diatas agar on track tetap pada jalur syariat. Agency syariah harus membuat konsep iklan, memasarkan iklan, dengan etika dan prinsip islam, tidak melanggar norma norma islam. Memang hal ini tidak mudah, akan tetapi, ketika kita bermain di level yang bersih, kita akan mendapatkan keberkahan dari itu.
Islam mempunyai sebuah konsep yang mengedepankan etika. Etika Islam bersumber dari firman allah. “Dan tolong menolonglah kamu dalam berbuah kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada allah sesungguhnya allah amat beras siksaan-Nya.” (Q.S Al-Maidah : 2).
Perusahaan menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan. Dan disinilah pentingnya etika islam di dalam periklanan, khususnya bagi orang yang membuka Agency yang dilandasi dengan periklanan. Ketika agency berlandaskan etika dan prinsip islam, maka iklan yang dihasilkan akan menjadi bersih dan tidak ada bumbu-bumbu yang merusak etika dan norma keislaman.
Agency Periklanan Syariah, akan sangat menguntungkan bagi konsumen yang mau beriklan di Agency Syariah ini. Benefit yang didapat adalah, tidak dirugikan, tidak ada kecurangan, tidak ada unsur riba di dalamnya, Agency periklanan Syariah akan mengusung konsep Islami, yang dimana dalam mencari peran iklan, Agency periklanan Syariah tidak memakai pemeran yang melanggar etika etika islam, seperti tidak memakai pakaian yang minim. Dan agency syariah ini tidak menerima produk produk yang dibeli dengan label non halal.