Judul : review jurnal
Judul jurnal : mekanisme pasar dalam                    perspektif ekonomi islam
Vol dan hal : 14.No.1 hal 7-8
Tahun : 2012
Penulis : yenni samri julia nasutionÂ
Pasar adalah sebuah mekanisme pertukaran barang dan jasa yang alamiah. Harga pasar dibentuk oleh berbagai faktor yang kemudian membentuk permintaan dan penawaran barang dan jasa. Permintaan konsumen di pengaruhi oleh banyak faktor, misalnya harga, pendapatan konsumen, selera, ekspektasi dan tingkat mashlahah.Â
Penawaran produsen juga dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya mashlahah, keuntungan, dan harga. Interaksi permintaan dan penawaran akan membentuk titik keseimbangan ini dapat berubah dari sisi permintaan atau penawaran, baik karena adanya penyimpangan terstruktur maupun penyimpangan tidak terstruktur.Â
Pasar yang bersaing sempurna dapat menghasilkan harga yang adil bagi penjual maupun pembeli. Karenanya, jika mekanisme pasar terganggu, maka harga yang adil tidak akan tercapai. Islam menempatkan pasar pada kedudukan yang penting dalam perekonomian. Silam juga sangat memperhatikan konsep harga yang adil dan mekanisme pasar yang sempurna.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H