Sebaiknya pelayanan kereta api di Indonesia dibagi dua. Kemeneg BUMN dipandang perlu mendirikan perusahaan kereta api lagi khusus untuk melayani PSO, dalam hal ini tidak 100% profit oriented, seperti hal nya PT Merpati Airlines atau Garuda dengan Citylink nya. Sedangkan PTKA yang sekarang ini diizinkan 100% bisnis. Kita pikir laporan keuangan ke negara akan akan jelas dan pelayanan terhadap konsumen juga jelas.
Dipandang perlu dan sangat mendesak sebuah BUMN atau perusahaan Jawatan/Perum baru khusus melayani segmen konsumen kereta api menengah ke bawah bahkan kelompok sosial bawah ke bawah. Kalau pelayanan dicampur aduk seperti sekarang ini yang akan selalu dirugikan adalah penumpang sebagai core business PTKA untuk kelas bisnis dan eksekutif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H