Mohon tunggu...
Herlambang Saleh
Herlambang Saleh Mohon Tunggu... Guru - Guru

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah (Pram)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pembelajaran Komputer di SD: Diantara Kebijakan dan Potensi

31 Juli 2024   13:20 Diperbarui: 31 Juli 2024   14:05 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Meningkatkan komputasional Dokpri

Mengapa di Sekolah Dasar (SD) Tidak Ada Pelajaran Komputer?

Pelajaran komputer tidak diajarkan di Sekolah Dasar (SD) karena fokus utama pada jenjang ini adalah membangun kemampuan dasar anak, seperti literasi, numerasi, dan pengembangan karakter. Berdasarkan kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-24, satuan pendidikan diharuskan menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD dan menerapkan masa perkenalan serta pembelajaran yang membangun enam kemampuan dasar anak.

Selain itu, perangkat ajar untuk mata pelajaran tertentu mungkin masih dalam proses penyusunan dan belum tersedia untuk fase A (kelas 1-2). Oleh karena itu, pelajaran komputer mungkin belum menjadi prioritas pada jenjang ini.

Tantangan dan Solusi

Implementasi pembelajaran komputer di SD menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan bagi guru, dan biaya yang diperlukan untuk menyediakan perangkat teknologi yang memadai. Selain itu, ada juga tantangan dalam memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi.

Apakah SD Swasta Boleh Mengadakan Pembelajaran Komputer?

Ya, SD swasta boleh mengadakan pembelajaran komputer. Berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) untuk mata pelajaran Informatika pada fase B (kelas 3 dan 4), peserta didik diharapkan mampu menerapkan berpikir komputasional, memanfaatkan perangkat TIK, mengenali sistem komputer, dan memiliki etika dalam berkomunikasi di dunia digital. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran komputer sudah relevan dan bisa diterapkan di tingkat SD, khususnya pada fase B.

Berpikir Komputasional dan Literasi Digital diintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya terutama dalam Pendidikan Pancasila, Bahasa, Matematika, dan Sains.Pembelajaran Berpikir Komputasional dan Literasi Digital sangat penting bagi peserta didik SD/MI sebagai fondasi untuk tercapainya computationally literate creators dan wise and wellbeing digital citizenship.

Manfaat Pembelajaran Komputer di SD 

"Di era digital seperti sekarang, kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi semakin krusial. Pembelajaran komputer di SD tidak hanya membekali siswa dengan keterampilan dasar, tetapi juga membuka pintu bagi mereka untuk mengembangkan kreativitas, pemecahan masalah, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang cepat. "Manfaat Pembelajaran Komputer di SD antara lain: 

Meningkatkan kreativitas: Melalui berbagai aplikasi dan perangkat lunak, anak-anak dapat mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka.

Mempermudah proses belajar: Teknologi dapat digunakan sebagai alat bantu belajar yang menarik dan interaktif.

Mempersiapkan diri untuk masa depan: Keterampilan TIK akan menjadi sangat penting bagi kehidupan kedepannya.


Tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Komputer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun