Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pemuda Papua Yang Menikmati Petualangan sebagai ASN Sekretariat Daerah Di Belitung Timur

ASN Belitung Timur, Traveler, Scholarship Hunter. Kontak 0852-4244-1580

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Pertemuan Manis dengan Keramahan Keluarga Baru di Belitung Timur

3 Januari 2024   22:59 Diperbarui: 10 Januari 2024   13:19 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keluarga Baru di Belitung Timur. Dokumentasi Pribadi

Tahun 2022, perasaan saya bercampur aduk ketika saya dinyatakan lulus sebagai salah satu ASN di Kabupaten Belitung Timur. Senangnya karena saya akhirnya bisa mewujudkan mimpi saya sebagai salah satu pelayan masyarakat mengikuti jejak ibu saya yang juga sebagai ASN guru. Dan yang membuat saya sedih adalah saya berada di tempat yang sama sekali asing. Tidak ada teman bahkan keluarga di tempat ini. 

Terbilang nekat sih kala itu. Tapi saya percaya Tuhan akan menunjukkan jalan-Nya akan mempertemukan saya dengan orang-orang yang baik disini. 

Seperti kata orang, kunci mendapat teman baru di daerah rantau adalah sopan, ramah dan mampu menjaga rahasia. Saya sudah mendengar kabar bahwa orang Belitung itu ramah-ramah dan saya akan buktikan itu.  

Maret 2022, saya berangkat dari Papua menuju Belitung Timur setelah kurang lebih 7 tahun saya mengabdikan di di Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Papua.

Tahun  2024 yang artinya saya sudah hampir dua tahun disini, saya membuktikan bahwa saya dipertemukan dengan orang-orang baik yang saya anggap sebagai keluarga sendiri mulai dari rekan kerja, bapak/ibu kost, teman seangkatan Latsar, warga jemaat gereja dan masih banyak lagi. Saya akan uraikan satu persatu keluarga baru saya disini.

1. Keluarga Devi dan Yunarta

Keluarga Yunarta dan Devi. Dok: Pribadi
Keluarga Yunarta dan Devi. Dok: Pribadi

Keluarga pertama yang saya temui disini adalah keluarga Devi dan Yunarta. Yunarta adalah teman kerja saya dan Devi adalah istrinya. 

Perkenalan saya dengan keluarga ini berawal dari chat selama proses seleksi CPNS PBJ di Kabupaten Belitung Timur.  Saya beruntung bertemu dengan Umak Listari, Bapak, Nessa, Devi, Yunarta dan keluarganya yang lain memperlakukan saya layaknya keluarga sendiri. 

Awal datang kesini, mereka sekeluarga sudah menjemput saya di Bandara dan mereka bersedia menampung saya hampir sebulan di rumahnya sekaligus diberikan pemahaman tentang kearifan lokal disini.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun