[caption id="attachment_214999" align="aligncenter" width="565" caption="Kapal Phinisi,salah satu kapal yang digunakan dalam pelayaran rakyat ,from: wong168.wordpress.com"][/caption]
Pelayaran rakyat adalah pelayaran atau usaha angkutan laut yang melayani pengangkutan antarpelabuhan dan menggunakan Perahu layar Motor (PLM),Kapal Layar Motor (KLM) dan Kapal Motor ( KM).Pelayaran rakyat adalah salah satu bentuk pelayaran antarpulau dan pantai. Ciri pelayaran rakyat menggunakan kapal-kapal atau perahu yang terbuat dari kayu dan menggunakan layar.
Pelayaran rakyat dalam kegiatan operasionalnya merupakan salah satu sub-sistem dari sistem angkutan laut nasional,merupakan usaha pelayaran tradisional.Usaha pelayaran rakyat umumnya dikelola oelh golongan ekonomi menengah ke bawah,diusahakan oelh pengusaha pribumi yang berasal dari Bugis-Makassar ,Madura ,Mandar dan Buton melalui pemupukan modal perorangan atau kekeluargaan dalam jumlah yang relatif kecil dibanding dengan usaha pelayaran lainnya.
Kelebihan kelebihan armada perahu sehingga kapasitas produksi tetap bertahan sekitar 19-24 ton muatan per GRT per tahun adalah sebagai berikut:
1.Suku cadang dan material tidak banyak tergantung pada bahan-bahan impor
2.Perahu layar motor dan kapal layar motor dalam operasionalnya tidak membutuhkan atau tidak banyak tergantung padainfrastuktur,kepadatan pelabuhan,peralatan bongkar muat,fasilitas bahan bakar BBM,air tawar dan docking
3.Prosedur administrasi atau birokrasi tidak terlalu berbelit-belit ,syahbandar ,Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan sebagainya
4.Perahu merupakan usaha swasembada dan tidak terlalu terikat dengan aturan-aturan yang ketat ,tidak ada aturan trayek dan sebagainya
Pelabuhan –pelabuhan yang menjadi asal dan tujuan muatan atau barang yang diangkut oleh armada pelayaran rakyat adalah pelabuhan-pelabuhan yang menjadi pusat-pusat pengembangan wilayah utama regional dan lokal. Kapal-kapal layar motor pelayaranrakyat umumnya melayani rute-rute pelayaran yang menghubungkan pelabuhan utama, sekunder dan tersier (Tanjung priok, Semarang ,Tanjung Perak atau Gresik) yangberfungsi sebagai pelabuhan alih muat nasional dan akumulasi.
Armada pelayaran rakyat masih berperan utama dalam sistem transportasi laut nasional.Hal ini disebabkan karena daerah-daerah layanan meliputi pusat-pusat pengembangan regional atau terpencil tidak tergantung dari fasilitas-fasilitas dermaga dan infrastukturlainnya.Kapal Layar motor mampu menjangkau pelabuhan atau kawasan perairan yang terpencil yang biasanya sangat sulit atau tidak dapat dijangkau oleh armada pelayaran nusantara .Kelebihan lainnya adalah tarif yang ditawarkan relatif cukup murah karena investasi armada tidak merupakan usaha yang padat modal.
Dikutip dari buku Transportasi laut Kapal Layar motor PINISI teknologi dan manajemen industri pelayaran rakyat karya Muhammad Yamin Yinca
Salam Perubahan, Heriyanto Rantelino Mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar asal Tana Toraja Facebook:Â Â Heriyanto Rantelino Twitter: @Ryan_Nebula No: 085242441580
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H