Mohon tunggu...
Heriyani Wedya Astuti
Heriyani Wedya Astuti Mohon Tunggu... Guru - SMA Negeri 1 Sungailiat

Guru Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

14 September 2024   06:24 Diperbarui: 14 September 2024   06:37 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam dan Bahagia Bapak/ ibu Guru Hebat

Assalamu'alaikum Wr.Wb 

Perkenalkan saya Heriyani Wedya Astuti dari SMA Negeri 1 Sungailiat. CGP angkatan 11 Kabupaten Bangka. saya akan membuat jurnal refleksi dengan menggunakan teknik 4 f ( Fact, Feelings, Findings dan Future)

Facts..

Pada pembelajaran Modul 2.2 kali ini saya mempelajari mengenai Pmebelajaran Sosial Emosi. Pembelajaran sosial emosi ini dimulai tanggal 3 September 2024. di mulai dengan mulai diri dan eksplorasi konsep. saya mempelajari ini dimulai dari LMS dan mengisi beberapa pertanyaan yang ada di navigasi dan saling memberikan komentar dengan rekan CGP lainnya. tanggal 06 september 2024 kami melaksanakan kegiatan ruang kolaborasi yang dipandu oleh bapak fasilitator yaitu Bapak Ali Nur Raekan dan Ibu-ibu pengajar praktik yaitu PP saya sendiri Ibu novi Miranti dan PP Ibu Dwi serta PP ibu Pipit. didalam ruang kolaborasi kami di bagi menjadi 4 kelompok. saya mendapatkan kelompok 4 bersama rekan saya Pak Muslimin dan Ibu Nurfatiah. setelah dibagi kelompok kami memisahkan diri dari room utama ke room meet yang sudah disediakan. didalam kelompok kami membahas banyak hal mengenai kompetensi sosial emosi. alhamdulillah diskusi pada rukol berjalan dengan lancar dan sangat menyenangkan serta tugas kami bisa diselesaikan dengan baik.  kemudian di tanggal 9 september 2024 kami melaksanakan rukol yang ke 2. dimana dalam rukol ini kegiatannya yaitu mempresentasikan hasil diskusi masing - masing kelompok. banyak pembelajaran mengenai KSE serta pengalaman bapak/ibu lainnya dalam pelaksanaan KSE disekolah masing-masing yang saya ambil menjadi pembelajaran. alhamdulillah rukol sesi diskusi berjalan dengan lancar dan sangat menyenangkan. kegiatan di LMS saya lanjutkan yaitu demonstrasi kontekstual pada tanggal 10-11 september 2024. selanjutnya pada tanggal 13 september 2024 dilaksanakan kegiatan pendampingan individu oleh Ibu PP Ibu Novi Miranti di sekolah saya SMA Negeri 1 Sungailiat kemudian pukul 15.30- 17.10  kami melaksanakan elaborasi yang dipandu oleh Bapak Parjiyo. dalam diskusi elaborasi banyak pemahaman yang baru yang kami dapati dan dapat kami praktikan disekolah masing-masing. elaborasi berjalan lancar dan menyenangkan. tanggal 14 september 2024 kami melaksanakan lokakarya 3 di SMPN 3 Sungailiat dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.00 wib. 

Feelings..

Pada modul 2.2 ini pembelajarannya sangat menyenangkan karena banyak hal-hal baru yang saya dapatkan. dari yang awalnya mengajar yang saya lakukan seperti pada umumnya yaitu hanya sekedar mengajar saja/ mentransfer ilmu tapi pada modul 2.2 ini saya menyadari bahwa mengajar buakn hanya transfer ilmu saja tetapi banyak yang harus diperhatikan yaitu sosial emosi peserta didik. karena emosi seseorang mempengaruhi keadaan orang tersebut dalam pembelajaran. hati yang senang akan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. ketika hadi sedang bersedih maka kita pun melewati sesuatu yang tak menyenangkan di hari itu. 

Findings.. 

Dalam pembelajaran modul 2.2 ini. saya menemukan banyak hal seperti 5 kompetensi sosial emosional : kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, kemampuan berelasi dan pengambilan keputusan bertanggungjawab. dan didalam pembelajaran ini saya menemukan pembelajaran bahwa pengambilan keputusan jangan dilakukan ketika kita sedang marah atau sedang senang karena keputusan yang kita ambil bisa saja bukan keputusan yang tepat. selain itu juga pada modul 2.2 saya menemukan pembelajaran mengenai mindfulness. dimana mindfulness bisa saya terapkan di pembelajaran saya agar peserta didik bisa lebih rileks dalam menerima materi yang saya sampaikan. 

future.. 

Setelah mempelajari modul 2.2 dan memahami mengenai pembelajaran sosial emosional maka saya akan menerapkan PSE ini disekolah saya. 5 KSE akan saya masukan kedalam RPL yang saya buat dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik. serta KSE juga bisa saya implementasikan bukan hanya untuk peserta didik namu juga berkolaborasi dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun