Mohon tunggu...
Heriyani Wedya Astuti
Heriyani Wedya Astuti Mohon Tunggu... Guru - SMA Negeri 1 Sungailiat

Guru Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendidikan Menuntun Bukan Menuntut

29 Juni 2024   23:33 Diperbarui: 29 Juni 2024   23:34 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Assalamualaikum Wr. Wb 

Salam kenal semua.. Salam dan Bahagia.

perkenalkan saya Heriyani Wedya Astuti, S.Pd dari UPTD SMA Negeri 1 Sungailiat CGP Angkatan 11 Kabupaten Bangka.

12 Juni 2024 Saya mendapatkan informasi pelaksanaan program CGP Angkatan 11 tahun 2024. kemudian dari surat pemberitahuan itu disertakan lah nama-nama guru yang mengikuti CGP salah satunya yaitu nama saya. disana juga terdapat jadwal kegfiatan dari bulan Juni sampai dengan bulan Desember. Pembukaan dimulai tanggal 13 Juni 2024 sebenarnya saya masih bingung apa yang akan saya lakukan ketika mengikuti CGP ini. Saya mencoba membuka akun belajar saya dan menghubungkan dengan LMS di akun PMM saya. kemudian ada banyak menu disana. kemudian saya membuka menu yang pertama yang berisi modul-modul pembelajaran. didalam hati saya masih bertanya-tanya ini pembelajaran tentang apa ya? saya coba untuk membaca semua modul yang ada ternyata mengenai filosofis pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. pada saat itu perasaan saya masih khawatir apakan saya bisa menjalani kegiatan ini. sedangkan saya baru tau tentang filosofis Ki Hajar Dewantara ini. Tanggal 22 Juni 2024 saya mengikuti lokakarya Orientasi yang bertempat di SMPN 2 Sungailiat. Disana saya bertemu dengan banyak guru-guru hebat. tapi saya masih merasa deg-degan karena saya sebenarnya masih bingung. Alhamdulillah di sana kegiatan di pandu oleh Guru Pengajar Praktik yang sangat hebat ada ibu Novi , ibu Fitri dan ibu Dwi. kami melakukan banyak kegiatan ada materi, penjelasan mengenai alur merdeka sampai ice breaking yang menyenangkan. setelah kegiatan itu saya merasa lebih tenang dan lebih ingin tau lagi mengenai guru penggerak. di dalam 2 Minggu ini sudah beberapa kali kami melaksanakan pertemuan melalui online (zoommeet) disana pembelajaran kami dipandu oleh fasilitator yang hebat yaitu Pak Ali Nur Raekan. Beliau membimbing kami tentang filosofis pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. 

Sebelum saya mengetahui mengenai filosofis pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara saya menjalankan peran saya sebagai guru sesuai dengan pemikiran saya yaitu semua berpusat di guru. Semua peserta didik menurut saya harus mengikuti apa yang menjadi kemauan guru. peserta didik yang mendapatkan nilai besar dianggap peserta didik yang pintar. selain itu juga pembelajaran hanya betujuan untuk  tercapainya materi saja. tetapi setelah saya mepelajari dan memahami mengenai filosofis pendidikan menurut KHD sebgai guru itu seharusnya menuntun bukan menuntut. yang dimana mguru membimbing, mengarahkan, menuntun peserta didik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. sebagai guru harus menghargai pendapat peserta didik, harus tau karakter didik, harus tau minat bakat mereka dan tidak memaksa apa yang menjadi kehendak guru. Menunutn itu adalah kesejajaran, guru dan peserta didik mempunyai tujuan yang sama dan mengerjakannya secara bersama-sama.

Setelah 2 minggu ini saya belajar di kegiatan CGP ini tindakan yang akan saya lakukan yaitu lebih berpihak pada peserta didik yang mana seperti di dasar pendidikan menurut KHD kodrat anak yaitu merdeka. manusia yang merdeka adalah manusia yang hidupnya lahirnya atau batin tidak tergantung kepada orang lain tetapi bersandar atas kekuatan sendiri. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun