Mohon tunggu...
Heriyanto Ridwan
Heriyanto Ridwan Mohon Tunggu... Editor - wirswasta

saya seorang editor penulis

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Mengenal tentang Kopi di Maluku

3 Agustus 2023   09:10 Diperbarui: 3 Agustus 2023   09:12 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

KOPI TUNI

Kopi Tuni berasal dari maluku.Saya mengetahui dari Bowo dia ini seorang fotografer dan ahli tentang kopi.lulusan cum laude fotografer ini sudah memiliki banyak pengalaman kerja di berbagai tempat dan akhirnya terjun di peneliti kopi.Bowo mengajarkan saya banyak hal tentang dunia fotografi dan sekarang kopi.Dulu saya dengan team juga Bowo punya basecamp lokasi di fatmwati dan karawachi.

Saya teamnya ada 6 orang nama cv Ide.saya dan team di latih fotografi oleh Bowo.Ide juga dapat beberapa job jadi saya dan team mengerjakan semua job itu. Beralihlah ke kopi Tuni,Pada waktu itu Bowo pergi ke ambon bersama pacarnya yang orang ambon.di situ bowo berkenalan salah satu memperkenalkan kopi tuni iniSetelah di coba rasanya sangat enak dan wangi tidak bikin asam lambung.

Dari situlah tercetus ide Bowo untuk meneliti dan membangun bisnis Kopi Tuni.Bowo mengellingi beberapa pulau di maluku untuk menanam kopi tuni dan memahami dan mengawasi kondisi juga kualitas kopi Tuni.Bowo sudah mengerjakan selama 3 tahun.kemudian Bowo buat koperasi dan sistemnya.

Kemudian mas bowo ini juga mendidik Petani kopi dari tidak bisa menjadi profesional dalam mengembangkan usaha kopi di maluku.
Dan sekarang sudah tersebar petani yang berada di seluruh indonesia.

Beberapa macam jenis kopi di maluku ada kopi tuni dan kopi tali.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun