Cukup Menarik... Sudah beberapa hari belakangan ini, banyak sekali pay TV bermunculan sebagai competitor bagi pemain lama yang sedari dulu di dominasi oleh Indovision, Telkomvision dan Firstmedia, Seperti yang pernah disampaikan oleh Rudi Tanoe, selaku Direktur Utama PT MNC Sky Vision dalam berbagai kesempatan, bahwa bisnis pay TV ini sangat besar potensinya. Hal ini mengingat begitu besarnya penduduk Indonesia, dan semakin banyaknya orang – orang kaya baru dan mampu untuk mengalokasikan sedikit uangnya untuk menikmati hiburan premium.
Saat ini sudah muncul lebih dari 15 Pay TV yang semuanya menawarkan berbagai kelebihan dan keunggulannya masing – masing. Masyarakat luas punya pilihan lebih banyak dan bervariasi. Dengan berbagai harga dan paket yang ditawarkan, memudahkan berbagai segment masyarakat untuk menentukan pilihannya.
Akan tetapi, menarik disimak bahwa dalam hal ini adalah kepuasan terhadap kualitas tayangan dan kualitas channel menentukan pemain utama dalam bisnis ini. Boleh saya katakan, terlepas dari saya adalah Karyawan PT MNC Sky Vision yang mana didalamnya saya bekerja sebagai Sales Call Centre untuk produk Indovision, Indovision memiliki kualitas tayangan dan kuantitas channel yang jauh mengungguli Pay Tv lain di Indonesia.
Pertama, saya belum menemukan kualitas pay tv lain yang lebih baik dari Indovision yang menggunakan frekuesni S-Band sebagai senjata andalan utama. Dimana dengan frekuensi yang diangkut oleh Satelit Indostar II (https://id.wikipedia.org/wiki/Indostar_II) sangat memungkinkan penikmat tayangan kualitas digital dapat menikmati tayangan dalam kondisi cuaca serpeti apapun, cuaca cerah, hujan, mendung dan cuaca buruk sekalipun tayangan tidak terganggu. Satu – satunya yang membuat Indovision tidak bisa dinikmati tayangannya adalah ketika aliran listrik tidak ada. Frekuensi S-Band inilah yang tidak dimiliki oleh pay tv lain di Indonesia. Karena kebanyakan competitor, akan was – was ketika mendung datang mengundang hujan, petir, dan cuaca buruk, bahkan bajaj pun bisa menganggu.
Kedua, Sasaran utama dalam konten tayangannya adalah pendidikan anak – anak. Dimana didalamnya ada beberapa channel khusus untuk anak dari berbagai usia. Semuanya ada. Selain pendidikan anak, tentunya sebagai hiburan untuk keluarga, lifestyle, Ilmu Pengetahuan (knowledge), Sport, Musik dan lain – lain.
Ketiga, Indovision memiliki lebih banyak channel exclusive, lebih banyak dari semua pay tv di Indonesia, misalnya; BabyTv, CBeebies, BBC Knowledge, Yoyo TV Asia, Vision2 Drama-Televiva, 8i Channel, iConcerts, Sundance Channel, Golf Channel, MNC Sports1, MNC Sports2, MNC Comedy, MNC Entertainment, MNC News, MNC Music, MNC Lifesytle, MNC Business, MNC Drama, MNC Movie, MNC Fashion, MNC Food & Travel, MNC Shop, MNC Infotainment, MNC Kids, MNC Muslim, Life, RED, and Warner Tv. Channel – channel tersebut hanya bisa dinikmati di Indovision, tidak di pay TV yang lain, dengan rata – rata menjadi channel yang mempunyai rating tinggi di Indonesia.
Keempat, Indovision memiliki lebih dari 150 kantor cabang di Seluruh Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan yang tepat dan cepat bagi seluruh pelanggan di pelosok daerah, dari ujung Sumatera sampai Perbatasan Papua. Seluruh kantor cabang tersebut melayani pemasangan, service after sales dan lain – lain. Proses instalasi cepat, dan layanan service yang semakin ditingkatkan menjadi kelebihannya, jadi tidak membeda – bedakan baik itu pelanggan di kota maupun desa, pelayanannya tetap sama.
Dengan berbagai kekurangan hasil karya ciptaan manusia, saya berpendapat bahwa Indovision masih menjadi yang terbaik di bisnis Pay Tv. Menguasai lebih dari 70% pasar Pay Tv Indonesia. Saran saya, ketika kita tertarik untuk berlangganan dengan Indovision, jangan sampai kehilangan contact person sales yang dari awal pemasangan sudah membantu, karena ini akan memudahkan jika kedepannya terjadi masalah teknis, akan lebih cepat lagi penanganannya, dan tidak perlu telpon ke operator yang lumayan membosankan, ya, setidaknya semua operator di Indonesia memang seperti itu.
Mohon maaf, tidak bermaksud saya berjualan disini, hanya saja jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Pay Tv, saya bisa memberikan info dan solusi yang semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan agar kedepannya tidak termakan promo berlebihan yang ditawarkan oleh provider baru, kami sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bisnis pay Tv Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H