Mohon tunggu...
Ria Ria
Ria Ria Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

tidak berpikir kecuali harus berpikir

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Bullying: Mengapa Korban Diam?

7 Desember 2013   12:27 Diperbarui: 24 Juni 2015   04:13 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1386402421412216951

Saya pernah memiliki teman bekas korban bullying. Teman saya itu sampai pindah sekolah dan pernah melakukan percobaan bunuh diri serta mengalami trauma berat hingga dia menduduki bangku kuliah. Sekedar mengingatkan, kejahatan bullying menurut saya bukan sesuatu yang patut dianggap remeh. Kejahatan ini akan membuat anda merasa tidak berharga, kesepian, dan pada akhirnya mengerak dalam bentuk ketakutan untuk berinteraksi dengan orang lain. Saya sendiri memang belum pernah merasakannya. Tetapi dalam skala kecil, saya pernah bertengkar dengan teman-teman sekelompok saya dan selama seminggu kami saling mengabaikan (tepatnya saya diabaikan). Rasanya seprti alien. Apalagi bila hal itu dilakukan oleh lebih banyak orang dan tanpa seorang pun yang mau dekat dengan kita.

Rasa Malu Korban?

Teman saya sebenarnya hanya sedikit bercerita mengenai hal ini. Saya mendapatkan kisah bullying ini dari teman saya yang lain dan juga dari ibunya. Bahkan ibunya baru mengetahui kisah anaknya setelah teman saya itu mencoba bunuh diri.

Saya pernah mengungkit-ungkit mengenai bullying pada teman saya tersebut, tetapi saya tidak mendapatkan respon yang saya harapkan. Apakah kami tidak cukup dekat? Apakah saya lancang?

Mengejutkannya, ketika saya bertemu dengan salah seorang pembully-nya, dengan enteng dia bercerita pada saya apa yang telah dilakukannya pada teman saya itu. Mengapa dia melakukan itu? Dia menjawab bahwa teman saya itu aneh, suka sendirian dan bengong. Cuma itu?

Saya bertanya kepadanya apa yang sesungguhnya terjadi. Dia menampilkan kesan bahwa apa yang dilakukannya hanya masalah sepele. Cuma “ceng-cengan” biasa, katanya. Benarkah? Lantas kenapa teman saya sampai coba-coba mati? Tidakkah dia tahu?

Dilupakan

“Siapa namanya?” tanyanya pada saya.

Rupanya, si tukang bully bahkan melupakan nama orang yang pernah dibullynya. Pada saat itu, dia bertemu dengan saya secara kebetulan. Dia kemudian bercerita mengenai jadwalnya untuk reuni SMA minggu depan. Saya bertanya, apakah dia akan berangkat bersama teman saya?

“Siapa namanya?” tanyanya pada saya. “Nanti kamu bilang saja kalau mau datang di tempat XXX tanggal XXX.”

Trauma Teman Saya

Teman saya akhirnya bercerita ketika kami (saya dan temannya yang lain) memergokinya berada di kantin alih-alih menghadiri reuni sekolahnya. Kami tidak bertanya apapun, kami sekedar menanyakan mengapa dia tidak ikut reunian. Disitulah teman saya berkata bahwa masa SMA-nya tidak bahagia. Pada akhir pembicaraan, dia mengatakan bahwa dia tidak apa-apa. Bahwa itu masalah sepele. Benarkah?

Saya tidak berani untuk menanyakan apapun. Saya tidak bisa membuatnya menjadi ladang eksploitasi rasa penasaran saya. Kedua, saya takut membuatnya menangis. Bila itu terjadi, saya hanya akan memperburuk keadaaan karena saya tidak memiliki keahlian yang baik dalam mengatasinya.

Semoga Kamu Selalu Bahagia

Mungkin suatu saat teman saya akan berubah. Mungkin suatu saat dia akan sukses dan menertawakan pembully yang bahkan lupa pada namanya. Mungkin suatu saat dia bisa melupakan kejadian itu. Mengiranya terjadi pada sebuah film.

Apapun itu, semoga kedepannya kamu selalu bahagia.

_____________________________________________________________________________

pic: http://www.sott.net/image/image/s6/125012/full/bullies_kids.jpg

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun