Mohon tunggu...
Herbert Manurung
Herbert Manurung Mohon Tunggu... Mahasiswa, Pengajar, Penulis, Peneliti -

Menulis itu seni, ide dan gagasan yang anda tulis bisa mengubah dunia. Tulisan juga bisa mengubah hidup kita, menulislah!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

IndonesiaX, Kursus Online Gratis Hadir untuk Membangun Karakter Bangsa

10 Januari 2016   16:48 Diperbarui: 12 Januari 2016   09:03 693
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Screenshot Dashboard HerbetManurung di IndonesiaX (Dok. pribadi)

Saya pikir setiap orang pasti senang mengikuti kursus dengan gratis, teman-teman pembaca juga pasti senang! Tema dan materi yang menarik serta wawasan dan pengalaman dari instruktur, juga latar belakang dengan segudang prestasi akan menambah ketertarikan kita mengikuti kursus gratis tersebut. Kita juga bisa mendapatkan sertifikat yang pastinya akan bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan karir kita. Salah satu kursus gratis yang ditawarkan saat ini adalah kursus berbasis online. Kursus online tumbuh pesat karena didukung oleh infrastruktur teknologi digital yang memadai.

Pengalaman Kursus Online Gratis

Teman-teman pembaca, sebelum saya mengupas peranan edukasi online dalam pembentukan karakter bangsa, saya mau berbagi pengalaman pertama menjadi peserta "kursus online gratis" di situs https://www.edX.org. Alih-alih mau melanjutkan kuliah ke luar negeri, kursus online gratis pun digagas. Dengan berbekal bahasa Inggris pas-pasan, saya pun memberanikan diri untuk mendaftar. Dari sekian banyak materi kursus online yang tersedia, saya memilih materi 7.00x. Start June, 17, 2014, Introduction of Biology- The Secret of life yang ditawarkan oleh MITX, kemudian ada GSE2x: Leaders of Learning oleh HarvardX lalu ada juga dari negeri Tulip, online course TU Delftx tentang Introduction to Drinking Water Treatment. Saya memilih materi ini karena sesuai dengan latar belakang pendidikan dan juga minat saya. Durasi kursus juga beragam ada yang sebulan, ada juga sampai 3 bulan, itu tergantung paket yang disediakan. Berikut serfifikat yang saya dapatkan dari edX.org.

Fotokopi sertifikat online course HarvardX (Dok. pribadi)

Manfaat dan keuntungan yang saya dapatkan selama menjadi peserta kursus online gratis di edX.org cukup banyak. Instruktur saya adalah dosen atau guru besar di universitas ternama di dunia yang masih didominasi kampus-kampus terbaik dari Amerika Serikat. Bisa dibayangkan bagaimana senangnya bisa belajar bersama dengan teman-teman di negara lain di dunia maya. Fitur lengkap berupa ruang diskusi interaktif, progres bar, powerslide, bahkan juga ada learning face to face dengan instruktor. Kelas 7.00x dibawakan oleh Prof. Eric S. Lander, PhD selaku dosen MIT sekaligus guru besar prodi Kedokteran di Harvard University. Ada juga Prof. Richard Elmore dari Harvard University Graduate School of Education. Belajar mulai dari video interaktif di kelas maya dilengkapi dengan skrip untuk mempermudah kita memahami materi kursus online tersebut. Saya merasakan bahwa ilmu kedokteran di Amerika Serikat sangat ter-update, sajian-sajian inspiratif dan menarik dari profesor-profesor itu menambah wawasan saya. Saya belajar tentang dasar-dasar biologi dan beberapa jenis penyakit seperti “Painless”, Cystic Fibrosis, Breast Cancer, Skin cancer, High Cholesterol hingga ke Genetic Engineering.

Melalui HarvardX, saya juga belajar tentang tipe kepemimpinan dalam pendidikan yang disesuaikan terhadap 4 metode belajar yang masih berlaku. Salah satu metode atau produk edukasi yang direkomendasikan Prof. Richard Elmore ialah belajar jarak jauh (Distributed Individual) dengan penekanan pada kemandirian belajar berbasis networking.

Setelah mengikuti kursus online ini, saya sangat terinspirasi untuk melakukan riset di bidang biomedik, pengolahan air dan limbah dan terobosan baru di dunia pendidikan. Harapan saya kelak bisa menghadirkan beberapa solusi di bidang kedokteran, teknologi berbasis ramah lingkungan dan pendidikan berkarakter. Teman-teman pembaca, saya sangat bersyukur ternyata apa yang saya pelajari dulu di HarvardX menjadi isu yang menarik di negara kita ini. Edukasi online (Distributed Individual) salah satu pilihan terbaik dalam menimba ilmu dan pengetahuan.

Screenshot dok. modes of organization dari online course HarvardX (Dok. pribadi)

Teknologi Internet Penunjang Edukasi Online

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun