Mohon tunggu...
Herbert C.B. Manalu
Herbert C.B. Manalu Mohon Tunggu... Guru - GURU

Saya adalah guru kimia di SMAN 1 Pangkatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasi Mengikuti Diklat Online Komunitas Guru Indonesia

17 Oktober 2019   21:09 Diperbarui: 26 November 2019   12:24 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo sahabat Komunitas Guru Indonesia yang hebat.....

Sebelumnya saya memperkenalkan diri terlebih dahulu, nama saya adalah Herbert C.B. Manalu (teman sejawat biasa menjuluki saya Herbert Cute, tidak tahu yach kenapa saya dipanggil Cute) apa mungkin karena saya rada-rada imut yach. Oh ya sahabat blogger yang hebat, saat ini saya mengajar mata pelajaran Kimia di salah satu sekolah di Labuhanbatu, tepatnya di SMA Negeri 1 Pangkatan. Oke sahabat blogger yang hebat, saya rasa cukup sampai disini perkenalannya. Buat kamu yang pengen kenal lebih dekat, silahkan kunjungi channel Youtube: www.youtube.com/c/HerbertCBManalu/ atau IG: @herbert_rambe.

Sahabat Komunitas Guru Indonesia yang hebat.....

Tahu ga kamu bahwa saat ini guru  tidak hanya dituntut mampu memberikan pengajaran dan bimbingan terbaik bagi peserta didik namun guru juga harus memiliki skill dalam mengembangkan pembelajarannya tentu saja dengan berbantuan bahan ajar yang sesuai, sehingga pada akhirnya seluruh indikator yang akan dicapai peserta didik sesuai dengan yang diharapkan.

Sahabat Komunitas Guru Indonesia yang hebat.....

Saya pribadi menyadari bahan ajar yang saya pergunakan selama ini masih sangatlah kurang dan tidak memadai hal ini terbukti dari EVALUASI yang diberikan baik ranah kognitif, keterampilan dan  sikap kepada peserta didik masih jauh dibawah standar. Selain itu saya menilai selama proses Kegiatan Belajar berlangsung di kelas tidak memberikan manfaat berarti, beberapa siswa bersikap acuh tak acuh dan tidak memiliki motivasi sama sekali.

Hal inilah yang menjadi tantangan bagi saya untuk berbuat yang terbaik agar seluruh indikator yang disampaikan kepada siswa dapat tercapai. Tentu saja saya selaku guru diwajibkan bisa menciptakan bahan ajar yang dapat menarik perhatian bagi peserta didik dan  selama proses belajar mengajar berlangsung seluruh peserta didik lebih aktif, kreatif dan inovatif.

Berdasarkan hal tersebut saya mencoba menelusuri melalui internet beberapa sumber belajar yang menggunakan bahan ajar yang menarik, salah satu sumber belajar yang saya temukan di FANSPAGE FB : KOMUNTAS GURU INDONESIA-KGI. Hal yang menarik pada FANSPAGE tersebut guru-guru diberikan pelatihan PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO ANIMASI. Saya berdecak kagum melihat hasil pelatihan yang dilakukan beberapa guru sangat luar biasa. Saya merasa pembuatan bahan ajar ini sangat cocok karena tampilan dalam video animasi  tidak monoton dan tidak membosankan bagi siswa.

Menurut saya bahan ajar menggunakan video animasi ini layak untuk diterapkan di kelas karena bahan ajar yang teknologi digital sesuai dengan perkembangan abad 21 yang sedang gencar-gencarnya meciptakan REVOLUSI INDUSTRI 4.0 sebagai sarana penghubung komunikasi antar manusia termasuk juga sarana penghubung dalam pemebelajaran antara guru dengan peserta didik. Oleh sebab itu saya mencoba menelusuri lebih dalam bagaimana proses pembuatan video animasi tersebut.

Puji Tuhan, saya diberikan jalan untuk mengikuti pelatihan tersebut melalui postingan di FANSPAGE FB, KOMUNITAS GURU INDONESIA-BELAJAR INDONESIA ONLINE. Saya mencoba mendaftar dan mengikuti segala persyaratan agar dapat mengikuti pelatihan tersebut. Pada hari rabu, 16 Oktober 2019 diumumkan 150 peserta yang lolos verifikasi, dan saya termasuk salah satu diantaranya. 

Betapa terharunya saya melihat hasil verifikasi tersebut. Saya merasa ini adalah impian saya selama ini untuk belajar membuat VIDEO ANIMASI sebagai bahan ajar. Terimakasih saya sampaikan kepada bapak Adhan Chaniago yang telah memberikan kesempatan kepada saya dalam mengikuti pelatihan ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun