Pembelajaran yang dilakukan dengan cara berdiskusi atau kelompok akan menarik bagi siswa siswa jadi lebih antusias dan bersemangat dalam pembelajaran berkelompok atau diskusi.Â
Siswa berkelompok agar dapat memecahkan suatu persoalan yang dikerjakan dengan bersama Membantu teman satu sama lain dalam memecahkan suatu masalah. Namun hal ini dapat sukses jika guru mampu mengontrol kondisi kelas saat pendekatan konstruktivis dalam pengajaran kooperatif ini sedang berlangsung.Â
Yang dapat dilakukan oleh guru yaitu: guru secara bergantian mendatangi kelompok kelompok yang sudah dibentuk untuk mengecek hasil kerja dari kelompoknya. Jika kelompok siswa mengalami kesulitan dalam bekerja, guru harus membantunya. sama.
Dengan menggunakan metode yang berbeda-beda dalam suatu proses pembelajaran, maka siswa tidak akan bosan karena setiap siswa mempunyai suatu pengalaman yang berbeda-beda. Oleh karena itu. guru harus memahami beberapa faktor yaitu faktor pertama adalah Karakteristik konsep yang akan diajarkan, yaitu sebuah tuntutan yang telah ada dalam suatu konsep.Â
Faktor kedua adalah kesiapan siswa, yaitu setiap guru harus mempertimbangkan kesiapan siswa sesuai dengan perkembangan siswa itu sendiri, faktor ketiga adalah fasilitas yang tersedia, yaitu mempunyai peran yang penting untuk dipertimbangkan guru. adalah ketersedian alat karena guru tidak akan bisa merancang suatu alat jika tidak tersedia alat dan bahan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H