Mohon tunggu...
Heny Auliatinnisa
Heny Auliatinnisa Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Nggk ada

Banyak hobi tapi tergantung dari mood setiap hari

Selanjutnya

Tutup

Analisis

13.Isu-isu sosial emosional di sekolah dasar, seperti bullying, masalah disiplin, atau interaksi sosial di kelas

18 Januari 2025   21:39 Diperbarui: 18 Januari 2025   21:39 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Isu-isu sosial emosional di sekolah dasar, seperti bullying, masalah disiplin, atau interaksi sosial di kelas 

Isu sosial emosional di sekolah dasar, seperti bullying, masalah disiplin, dan interaksi sosial di kelas, dapat memiliki dampak besar terhadap perkembangan anak-anak. Beberapa isu tersebut meliputi:

1. Bullying:

   - Bullying adalah salah satu masalah sosial emosional yang sering terjadi di sekolah dasar. Anak-anak yang dibully dapat merasa terisolasi, cemas, atau depresi, yang bisa mempengaruhi perkembangan emosional dan sosial mereka. Bullying bisa berupa fisik (pukulan, dorongan), verbal (menghina, mengejek), atau sosial (menyebarkan gosip, isolasi).

   - Dampak jangka panjang dari bullying meliputi penurunan rasa percaya diri, kecemasan sosial, hingga kesulitan dalam membentuk hubungan yang sehat.

2. Masalah Disiplin:

   - Kesulitan dalam mematuhi aturan atau mengontrol perilaku juga merupakan isu sosial emosional yang umum di sekolah dasar. Anak-anak yang kesulitan dalam mengikuti aturan sekolah mungkin menunjukkan perilaku impulsif atau agresif, yang dapat menyebabkan konflik dengan teman sebaya atau guru.

   - Perilaku ini sering kali berkaitan dengan masalah pengelolaan emosi, seperti kesulitan mengatasi frustrasi atau kemarahan. Hal ini dapat mengganggu dinamika kelas dan membatasi kesempatan untuk belajar.

3. Interaksi Sosial di Kelas:

   - Masalah dalam berinteraksi dengan teman sebaya atau guru dapat muncul di sekolah dasar. Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan persahabatan atau berkomunikasi dengan baik, yang dapat mengarah pada perasaan kesepian atau rendah diri.

   - Isu seperti kecemasan sosial atau perbedaan dalam kemampuan sosial bisa menghalangi kemampuan anak untuk bekerja sama dalam kelompok, berpartisipasi dalam diskusi, atau merasa diterima di dalam kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun