Mohon tunggu...
Henri Gontar
Henri Gontar Mohon Tunggu... karyawan swasta -

✉henrigontar@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Menularkan Virus Bisnis Bersama Kompasiana dan JNE

7 Juni 2015   02:57 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:18 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rangkaian Kompasiana blogshop  bersama JNE yang diadakan di empat kota berakhir di Medan pada tanggal 27 Mei 2015 yang lalu. Acara yang berlangsung di Digital Library lantai 4 Universitas Negeri Medan itu dipenuhi mahasiswa dan kompasiner asal Medan. Hadir dalam kesempatan blogshop ini pembicara dari Kompasiana yang diwakili Iskandar Zulkarnaen, Wahyu Aditya selaku Founder Hellomotion.Inc serta Ridhatullah Hambalilah selaku Head of Corporate Communication Division JNE. Rangkaian Kompasiana Blogshop Goes To Campus bareng JNE ini sebelumnya sudah berlangsung di UNM Makassar (15 April 2015), Universitas Udayana, Bali (29 April 2015) dan di Universitas Brawijaya, Malang (12 Mei 2015).

[caption id="attachment_421801" align="aligncenter" width="1" caption=""][/caption]

Kompasiana Blogshop goes to campus bareng JNE kali ini mengangkat tema "Inovasi Strategi Bisnis Di Media Online", yang memberikan informasi dan pencerahan kepada setiap peserta yang hadir. Tema bisnis di media online memang sangat pantas untuk diangkat dan dibahas lebih dalam karena dewasa ini banyak orang ingin memulai bisnis dari media online, baik bisnis kecil-kecilan maupun yang sudah sangat menggurita.

Content Marketing sebagai strategi jitu dalam bisnis online.

Pemateri pertama adalah Iskandar Zulkarnaen perwakilan dari Kompasiana yang banyak mengulas tentang Content Marketing dalam bisnis online. Content disini bisa berupa artikel, photo/gambar, video maupun audio dengan berbagai format yang pada intinya bisa diakses siapa saja secara online sehingga sasaran yang diinginkan tercapai. Sementara Marketing merupan implementasi atau penyampaian content tersebut sampai kepada pasar yang dituju.

Dewasa ini dengan perkembangan teknologi maka pasar yang akan dituju tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Dengan keadaan ini, maka penyampaian content marketing bisa dilakukan secara online terutama di media sosial. Strategi ini digunakan untuk menarik perhatian audience/pasar yang pada akhirnya akan menyebarkan atau berbagi mengenai content yang ditawarkan sehingga bisnis yang kita garap akan dikenal luas oleh banyak orang. Content marketing ini bisa diimplementasikan di account media sosial seperti facebook, twitter, google+ atau punya blog tersendiri.

Secara garis besar contet marketing harus berisi informasi yang tentu saja menarik dan bermanfaat, content yang tidak mainstream tapi bernilai positif, menggunakan data dan fakta, bersifat naratif/cerita serta yang up to date. Dengan demikian follower/target pasar dapat mempertimbangkan dan membuat kesimpulan yang positif juga terhadapat bisnis yang kita tawarkan. Sebagai contoh, bisa jadi pengalaman pribadi atau testimoni orang lain yang sudah menjadi pelanggan dalam bisnis kita.

Strategi dengan pendekatan Content Marketing ini juga harus memperhatikan beberapa aspek agar pembaca/follower atau target pasar bisa optimal, yaitu: pertama harus Original, maksudnya adalah bahwa content yang kita publish/tawarkan dalam bisnis kita harus milik sendiri dan tentu saja berkualitas. Sekali target pasar kita mendapat informasi yang dibutuhkan artinya bermanfaat dan memberi solusi pada akhirnya akan membuat keputusan yang positif terhadap apa yang kita tawarkan. Yang kedua harus patient, dengan kesabaran dan keuletan akan melahirkan kekuatan tersendiri untuk menghadapi cobaan dalam bisnis. Ketiga adalah Timely, maksudnya harus memperhitungkan waktu content akan dirilis. Harus up date dengan perkembangan. Dan yang terakhir harus flexible, artinya menyesuaikan dengan target pasar/audience yang akan kita tuju.

e-Commerce dan kaitannya dengan Kreatifitas.

Pemateri berikutnya yang hadir pada acara Kompasiana blogshop goes to campus bareng JNE adalah Wahyu Aditya. Pria dengan segudang prestasi ini merupakan founder perusahaan Hellomotion Inc yang bergerak dalam dunia desain animasi. Dunia desain kreatif sudah menjadi jalan hidup bagi pria dengan murah senyum ini. Memulai dari hoby semenjak anak-anak dan remaja menghantarkan beliau pada kesuksesan seperti sekarang ini.

Pemaparan mengenai konsep bisnis dan kaitannya dengan kreatifitas sangat bermanfaat bagi peserta yang ingin memulai bisnis pada media online. Bisnis harus terus menerus berinovasi seiring perubahan zaman. Tanpa inovasi maka apa yang ditawarkan dalam bisnis akan menemui titik jenuh yang pada akhirnya merontokkan piramida yang sudah dibangun. Pertanyaanya adalah, bagaimana berinovasi dalam bisnis online?. Jawabnya adalah kreatifitas!. Dengan kreatifitas maka kita menemukan inovasi-inovasi yang erat kaitannya dengan pertumbuhan dan perkemabangan bisnis di masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun