Persaingan dunia asuransi yang semakin ketat tidak saja mengandalkan program, produk dan layanan yang diberikan kepada setiap nasabah. Distribusi penjualan yang diterapkan juga sangat mempengaruhi produktifitas dan pertumbuhan perusahaan supaya tetap bertahan ditengah sengitnya persaingan dalam bisnis asuransi.
Bancassurance menjadi pilihan perusahaan asuransi untuk mendistribusikan produk mereka kepada nasabah. Bancassurance adalah channel distribusi yang menjadikan bank sebagai tempat menjual produk asuransi. Dalam pelaksanaanya, perusahaan asuransi menempatkan representative sebagai wakil perusahaan untuk memperkenalkan, menjual dan memberikan layanan purna jual kepada setiap nasabah bank yang bersangkutan.
Kenapa harus membeli produk asuransi di bank? Ini mungkin jadi pertanyaan beberapa orang, karena mungkin ketika mereka di cabang ditawari produk asransi, atau marketing bank membuat janji dengan nasabah untuk bertemu dan memperkenalkan produk asuransi.
Dalam konteks ini saya ingin berbagi dari sisi nasabah. Beberapa keuntungan yang didapatkan oleh nasabah ketika membeli produk asuransi lewat bank yang kerjasama. Yang pertama, nasabah mendapatkan informasi yang jelas mengenai program yang akan dibeli.Â
Kedua, nasabah lebih mudah dalam pembayaran premi karena sudah autodebet dari rekening bank tempat dia menabung. Ketiga, lebih mudah mendapatkan layanan purna jual karena sewaktu-waktu bisa datang ke cabang bank yang sama dimana saja yang menjual produk asuransi tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H