Mohon tunggu...
hennya aridha
hennya aridha Mohon Tunggu... -

simple, ga suka yg rumit

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Tubuhmu Mahal

30 September 2010   14:18 Diperbarui: 26 Juni 2015   12:50 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Dia tersenyum. Ke arah gue lagi. Gila, manis, man! Akhirnya gue peroleh juga senyumnya yang mahal. Selama ini gue hanya bisa menikmati paras lembut buah karya Sang Pencipta. Walau wajahnya itu terlihat pucat. Sejak gue lihat pertama kali gadis itu, kayaknya gue kena love at the first sight neh. Itu kira-kira tiga bulan yang lalu. Selanjutnya, ya itu tadi hanya wajah yang bisa gue lihat en itu dah buat gue senengnya ga ketulungan. Masalahnya, dia datang ke gereja dengan mamanya hanya untuk kebaktian, setelah itu dia langsung pulang. Gimana gue bisa kenal tuh cewek. Tapi, berhubung kali ini dia pergi sendirian ke gereja, gue coba ajak deketin dia. Ternyata, ya itu tadi dia senyum ke gue. Gue pun jadi pede deketin dia. Akhirnya, perkenalan terjadi. Zefanya namanya, tapi dia mau dipanggil hanya Fanya. Dia bahkan mau ngasih nomer ponselnya waktu gue minta sama dia. Setelah itu, hubungan gue dengan dia makin akrab. Kami jalan bareng, bahkan sekarang kalo ke gereja ga hanya di hari minggu aja. Dia mau kok gue ajak ikut persekutuan muda-mudi sabtu malam di gereja. Asas manfaat juga sih, sekalian ngedate sepulang persekutuan, kan malam minggu. Dan gue mau dia lebih dari seorang teman, so gue beraniin diri untuk nembak dia. Thanx God, she accepted me. *** Hari-hari pun makin indah dengan adanya seseorang yang special di samping gue. Kisah kasih gue dengannya memberi warna yang indah. Kunjungan-kunjungan ke rumahnya gue nikmati banget. Namanya juga cinta lagi menghampiri. Dia tinggal hanya sama mama dan adiknya. Papanya sudah meninggal ketika dia lulus SMP. Mamanya bekerja sebagai guru di sekolah swasta dan mencari tambahan rejeki dengan menitipkan makanan-makanan kecil di koperasi sekolah dimana dia mengajar yang dibuat dengan dibantu Fanya atau adiknya. Wah aku jadi semakin salut simpati sama dia. *** Gue pikir, kayaknya sekali-kali dia kudu gue ajak maen ke kos gue deh. Masak, 6 bulan sejak gue jadian dia belom pernah sama sekali maen ke kostan gue, cuman gue aza tau rumah gue. Lagian, selayaknya kekasih, dia juga harus tau banyak tentang kehidupan gue. Gue mau dia tau gue, Rio apa adanya. Baru itulah yang namanya kekasih. So, Gue utarain maksud gue ke dia. Wah, dia mau tuh. Seharusnya memang dia mau, kan sebagai kekasih dia mesti tau dimana dan bagaimana kekasihnya hidup. Dan lagian aku pengen menghabiskan waktu sesering mungkin bersama dia sebelum seminggu lagi gue berangkat kerja praktek ke perusahaan tambang di Lombok, yang menjadi salah satu mata kuliah yang harus gue ambil Sepulang kuliah, gue langsung melajukan motor gue-walau butut tetep berguna lagian nih hasil beasiswa gue-menuju kampus Fanya. Dan pastinya, gue dah hubungi dia terlebih dulu kalo gue bakal jemput dan ngajak dia ke tempat kos gue. Ketika gue dah sampai di kampus Fanya, dia sudah nungguin gue di kantin-tempat biasa gue janjian sama dia kalo gue ngejemput dia. Sesampai di kostan gue, gue persilahkan dia masuk. Yang biasanya gue ga peduli keadaan kamar gue, berhubung dia mau dateng, so gue dah ngerapiin dulu walau ga serapi kamar cewek. Gue ngejamu dia special khusus untuk sang kekasih. Sambilan ngobrol, gue buka tas gue untuk ngambil bungkusan rokok gue. Ada apa ya dengan Fanya? Kok dia kayak ga nyaman di tempat gue. “napa, yang (dari ayang-panggilan sayang gue ke dia en sebaliknya)? Kamu sakit yah? Kok tiba-tiba pucat?” Tanya gue. “Ga kok, ga kenapa-napa.” Ujarnya. “Kamu yakin?” ”hmm, sebenarnya aku mau tanya kamu?hmmm?” ”hmmm apa Fan?” ”Kamu dah lama ngerokok? Maaf ya aku tanya pertanyaan yang begitu?” Wah kok dia bisa tanya begituan. Kan biasa kalo cowok ngerokok. Belum sempet kujawab tiba-tiba Fanya langsung nyeletuk, “Oya, Rio aku pulang ya,. Aku kan dah memenuhi permintaan kamu untuk ke tempat kamu. Jadi kamu ga perlu kuatir lagi kalo aku ga tau kos kamu. Seandainya aku kangen kamu pasti aku bisa langsung sendiri ke tempat kamu. Memang selama ini hanya kamu terus yang datang ke tempatku, kan ga enak kayak gitu. Nah, sekarang bisa gantian dong.”Ujarnya sambil tersenyum. Tapi, senyumnya ga lepas gitu deh. Ada apa dengan Fanya yah? Apa karna pertanyaan tadi, dia tahu kalo ternyata aku perokok. Ah gue kok mikir yang berlebihan gitu. Akhirnya, Gue pun nganterin dia pulang. Sesampai di pagar rumahnya, “Langsung istirahat ya, yang. Kayaknya kamu sakit deh.”Kataku. “makasih, yang. Aku seneng banget dah maen ke kos kamu. Btw, ga usah kuatirin aku. Aku baik-baik aja kok. Maaf kalo aku nanya kayak tadi. Oya ga mampir?”Balasnya. “Ya udah aku langsung pulang yah. Ga usah mampir karena aku pengen kamu istirahat. Daag…ayang!” Pamitku dan langsung gue lajuin motor gue kembali ke kos. Ada apa yah dengan dia? Dia kok kelihatan aneh setelah datang ke tempat gue. Kali aja dia capek. Sudahlah ga usah dipikirin. *** Setiba di kos abis nganter Fanya, gue ambil minum di dapur. Rrrrrrrt...rrrrrrtt.... HP gue bergetar nih di kantong celana gue, di LCD tertera panggilan dari Fanya. Langsung gue angkat. ”Halo ayang, ada apa ya?” ” Kamu dah nyampe?” ”udah kok, baru aja. Sekarang lagi minum nih.” ”Ya udah deh, aku cuman mau tahu aja kamu dah sampe apa belum. Nti jangan lupa makan malam ya. Nti kamu sakit. Ya udah ya.” ” Ok deh tuan putri, aku ga bakal lupa makan. Kamu juga jangan telat makan malam ya.” Tiba-tiba datang sebuah SMS untukku. Ternyata dari Fanya. Isinya berbunyi: Yang, maaf y yg tdi.Aq ga mw bhas tu lgsng d t4 kmu td. Ni prinsipQ dr dlu,Aq bnr2 ga ska dg prokok. Aku ga bales SMS Fanya, tapi langsung kutelepon dia. Dia langsung mengangkat Handphonenya. ” Kok ga dari dulu kamu kasih tahu masalah prinsipmu itu? Aku memang perokok, tapi kalo kamu minta gitu aku bakal berhenti.”Berapi-api kuungkapkan perasaanku. ”Dan apa kamu bakal mengakhiri hubungan kita ini?” semakin lirih kubicara. ” Rio, sudah terlambat....” ” Apanya yang terlambat?” ” Aku terlambat untuk mencegah perasaan aku sama kamu. Aku sudah terlanjur sayang kamu sebelum tahu kalo kamu merokok. Ga mungkinlah hubungan ini berakhir, tapi kalo kamu memang bisa mengusahakannya untuk berhenti aku bersyukur. Tapi ini bukan untukku, tapi untuk kamu. Kamu mesti belajar menghargai betapa mahalnya tubuhnu itu. Aku ga bisa ngomong langsung sama kamu tadi karena aku bener-bener ga nyangka kamu perokok. Yang kutahu kamu itu cowok yang Takut akan Tuhan, mandiri, dewasa, bisa diandalkan, bertanggung jawab, seperti yang kulihat di gereja.Kamu juga lucu.hehe.Jangan geer ya” Wah lega gue. Tadi gue bener-bener syok lihat pernyataannya dia di SMS. Ternyata dia masih bisa ketawa dan mengungkapkan perasaannya yang bikin gue seneng. ” Iya aku janji bakal berusaha berhenti merokok, demi kamu. Aku ga mau kehilangan kamu.” Sahutku. ” Bukan untuk aku kamu melakukan itu, tapi untuk dirimu sendiri, ok.” ”Iya deh ayang, kamu jangan marah lagi ya. Aku janji untuk diriku sendiri. Aku minta maaf kalo hal itu essensial buat kamu. Makasih sudah peduli aku. Daag sayang, miss you.” Kuakhiri pembicaraan kami. *** Tiga bulan ini, gue harus kerja praktek, di perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan di Lombok. Fanya ngerti kok dengan kepergian gue. Sungguh beruntung gue bisa bersama dia. Sedih sih ninggalin dia. Tapi demi kuliah gue, masa depan gue, semua mesti dijalanin. Gue ngerasa kesepian nih. Walaupun komunikasi gue dengan Fanya jalan terus, tapi tetep aja beda kalau jauh. Beda rasanya ngobrol langsung, dengan ngobrol di telepon. Efek sampingnya, banyak dana keluar untuk pulsa. Tapi semua gue jabanin, demi mengobati rindu gue ke dia. Tiap-tiap hari gue terus menghitung hari kapan berakhirnya kerja praktek gue, biar gue bisa segera bersama-sama lagi dengan Fanya? *** Tiga bulan sudah gue ngejalanin Kerja Praktek gue di Lombok. Dua hari lagi gue bakal kembali ke kota tempat gue kuliah. Besok gue masih di Lombok, gue masih mau pamit dengan para pekerja tambang disini yang banyak membantu gue dan lusanya gue baru bisa mengangkat kaki dari Lombok ini.Tak lupa gue mau kasih kabar ke Fanya. Gue coba telepon Fanya. Kok lama banget ya ngangkatnya? Akhirnya, ada juga suara dari sana. ”halo, Rio.” ”hai, ayang. Lho kok lesu gitu jawabnya. Kamu lagi sakit ya? Fanya sayang,Aku kangen banget sama kamu.” ”wah, kok kayak kereta api sih, nyerocos terus. hehe. Aku ga kenapa-napa. Aku baru aja bangun tidur.” ”baru bangun? Udah jam 8 malem gini?” ”disini jam 6 lagi. lagian aku capek banget tadi jadi coba istirahat.” ”Jadi aku ganggu dong.” ”ga ah, malah aku makasih banget dah dibangunin. kalo ga nti kebablasan tidurnya.” ” yang, dua hari lagi aku pulang lho. Aku kangen banget.” ”Dah beres yah urusan kamu?” ””Kok kayaknya kamu ga seneng gitu kalo aku pulang, mang kamu ga kangen?” kok dia bisa ngomong gitu. Ada apa ya dengan Fanya. Kayaknya ada yang disembunyikan dia. ”Aku kangen kok, Rio. Ya udah nti kutunggu kamu di bandara. Kamu naik pesawat jam berapa? Biar aku minta tolong Chris nemenin aku nunggu kamu di bandara.” ”Ga usah,yang. Bandara kan jauh lho. Lagian juga nti ngerepotin Chris, adik kamu. Aku juga nyampe kemungkinan agak malem. Ga baik buat cewek keluar malem.Tunggu aja di rumahmu ya.” ” Bener nih ga mau dijemput?” ”Ga perlu, Sayang.ok deh.udah dulu ya. Bye. Miss you.” Gue ga jadi pulang lusa, tapi besok gue dah pulang. karena gue sudah beresin urusan semua satu hari ini. Laporan Kerja praktek gue dan pamitan ke semua pekerja sudah selesai. Yah, gue ga mau berlama-lama disini. Lagian gue juga mau mkasih kejutan ke Fanya. Dia pasti berpikir lusa gue pulang. *** Pesawat gue dah mendarat di Bandara Soekarno Hatta, dari sana gue naik taksi ke tempat kos gue. Sampai di kos, gue buruan mandi karena gue mau ke rumah Fanya. Gue pun ambil motor yang gue titip di tempat temen selama gue di Lombok. Sesampai di rumah Fanya, gue mengetuk pintu. Kok kayaknya sepi. Pada kemana orang rumah? Berulang kali gue ketuk pintu, tiba-tiba dari luar pagar gue ngeliat Chris baru datang. ”Dari mana, Chris? Fanya ada?” Tanya gue. ” Gue dari Rumah Sakit. Fanya sakit.” jawabnya. ” Lho kok dia ga kasih tahu gue kalo dia sakit? Kemaren gue baru aja ngobrol sama di di telepon.” ” Emang baru tadi malem dia masuk Rumah Sakit. Sesak nafasnya kambuh. Trus dia sampe pingsan. Ya udah, nyokap dah panik trus gue disuruh panggil taksi untuk bawa dia ke Rumah Sakit. Sekarang gue pulang karena gue mau ngambil baju ganti dia dan mama trus balik lagi kesana.” ”ya udah, gue harus kesana juga. Gue tunggu elu.Elu bareng motor gue aja.” Chris pun ke dalam untuk mengambil yang dia perlu buat dibawa ke rumah sakit. Sial, masa gue ga pernah tahu Fanya ada sakitnya. Gila, cowok kayak apa gue. Ternyata gue masih belum tahu apa-apa tentang Fanya. Egois banget gue. Gue mengumpat sendiri. *** Di luar kamar tempat Fanya dirawat, gue ngeliat nyokap Fanya sedang duduk sendiri. Gue langsung menghamiprinya. ” Tante, gimana keadaan Fanya?” ” Dia baik-baik aja. Sekarang lagi tidur. Tadi baru aja dikasih obat. Kondisi Fanya memang lemah. Tapi dia ga bisa diem, dikasih tahu masih tetap bandel.” ” Memang dia sakit apa ya tante?” ” Tiga tahun lalu untuk pertama kalinya dia pingsan di sekolah. Tante pikir hanya sakit biasa. Jadi Fanya cuma istirahat di rumah. Tapi seminggu terus-terusan dia mengeluh susah bernafas. Sakit di dadanya. Tante bener-bener kuatir karena tanda sakitnya hampir sama dengan mendiang papanya.” Mama Fanya sejenak terdiam. ” Tante pun buru-buru mengajak Fanya check ke rumah sakit ke bagian penyakit dalam. Ternyata apa yang tante kuatirkan benar, sakit Fanya sama seperti papanya.” lanjut mama Fanya. ” Papa Fanya meniggal karena kanker paru-paru. Papa Fanya bener-bener perokok berat, itulah salah satu faktor resikonya bagi yang perokok berat. Dan Fanya, yang ga pernah sama sekali menyentuh rokok, tapi dia menjadi perokok pasif yang mencetuskan dia bisa terkena penyakit itu.” ” Tuhan masih beri kekuatan padanya sehingga dia bisa bertahan sampai sekarang. Dia tahu sakitnya itu parah tapi dia ga mau kalah dengan penyakitnya.” ” Ya udah tante, kita berdoa sama-sama aja, biar Fanya tetap kuat dan dapat segera pulih kesehatannya. Ayo tante kita ke dalam biar Fanya ada temannya.” ” Kamu duluan aja, Rio. Tante mau menemui dokter dulu.” *** Di dalam, ternyata Fanya sudah bangun. ” Lho kamu rio. Kok kamu di sini. Bukannya kamu besok baru baliknya.” ” Ini oleh-oleh buat kamu dan bunga spesial dari aku.” ” Makasih ya, yang. Bunganya indah.” ”Aku sengaja mau bikin surprise ke kamu. Makanya aku usahain untuk cepat pulang. Eh taunya, aku yang dapat surprise pas aku ke rumah, aku di kasih tahu Chris kalo kamu sakit.” ”Wah Chris ini ga bisa tutup mulut.” ” Jadi kamu mau rahasia-rahasiaan kalo kamu sakit. Kamu tahu ga sih, siapa aku? Aku ini pacar kamu. Masak sakit aja aku sampe ga tahu. ” ” Maaf, aku ga mau buat kamu kuatir. Lagian ini juga dah biasa.” ” Kamu bilang, ini biasa! Tadi di luar mamamu sudah cerita. Aku sudah tahu semuanya. ” ” Bagus kamu sudah tahu. Yah, aku sakit begini gara-gara rokok sialan. Aku juga sudah kehilangan orang yang kusayangi karena rokok juga. Aku juga ga pengen begini.” Meledak emosi Fanya. ” Kamu yang sudah sehat, tapi sama sekali ga menghargai tubuhmu. Seandainya saja aku bisa menukar kesehatanku dengan orang-orang yang ga peduli sama kesehatanya, aku mau. Tapi aku tahu itu ga mungkin. Aku hanya bisa menerima dan bertahan. Alangkah enaknya orang sehat itu, ga perlu bosan berbaring, bisa mengerjakan apapun tanpa harus ada batasan, dan ga perlu keluar uang untuk biaya obat dan perawatan. Aku sudah bikin susah mama.” Fanya kini sudah menangis. ” Apa kamu masih merokok?” tuduhnya. Gue hanya bisa terdiam mendengar pertanyaan Fanya. Tapi dia sebenernya tahu jawabannya. Selama gue di Lombok gue sesekali menghisap rokok. Lingkungan di sana mayoritas pria yang kebanyakan juga merokok. Lagian di sana sepi, yang makin mendukung gue untuk menghabiskan waktu dengan merokok Kenyataan ini bener-bener menampar gue. Fanya benar, gue ga bisa bersyukur untuk tubuh yang begitu luar biasa sempurna diciptakan Tuhan, tapi gue malah merusak kesempurnaan itu dan gue sudah menyakiti hati Sang Pencipta. Ampuni aku Tuhan, dalam hatiku aku memohon. Aku mau memulai hidup baru dengan menjauhi rokok. Dan aku pasti mau memberikan kebahagiaan untuk Fanya. (dedicated to: My Dad, my brotherz n all of smoker, GBU) Note: it had been posted in Gfresh magazine - Dec 2008

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun