Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Kompasianer Jerman || Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

"Between Two Continents", Ketika Rumah Tangga Harus Dijalani di Dua Benua

29 Februari 2020   18:13 Diperbarui: 3 Januari 2021   07:21 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Oh, aku tak akan sanggup menjalani hidup seperti kamu," begitu ucap Julia kepada saya. Wanita berambut pirang ini adalah ibu dari teman anak saya di Kindergarten. Kalimat tersebut dikatakan saat ia mengetahui bahwa kami sekeluarga akan pindah sementara ke Negeri Tirai Bambu. Mengikuti pekerjaan suami saya, yang harus berpindah tugas. Ini memang bukan yang pertama sekali saya pindah mengikuti tugas suami ke negara lain. Hanya saja pengalaman di dua negara sebelumnya relatif lebih mudah dibandingkan kepindahan ke Tiongkok ini, karena pada saat itu kami belum dikaruniai anak.

Ada yang berkomentar, "wah enak sekali ya hidup berpindah dari satu negara ke negara lain". Memang iya, dilihat dari satu sisi, kehidupan seperti ini adalah satu pengalaman yang sangat berharga dan tidak ternilai. Pengalaman hidup, bertambahnya wawasan, persahabatan antar bangsa dan benua. 

Kehidupan rumah tangga sepertinya hampir tidak ada yang berjalan lancar, ada pasang surutnya. Dua manusia yang berbeda karakter, beda selera, harus hidup menyatu melewati hari-hari bersama. Jika tidak ada jalan tengah yang diambil, mungkin dalam hitungan bulan pernikahan bisa berantakan.

Awal ke Tiongkok, sebetulnya, saya berdua dengan putri kami hanya untuk mengunjungi suami saya yang sedang bekerja di kota Shanghai. Rencana yang seharusnya hanya tiga minggu akhirnya berubah menjadi tiga bulan. 

Usia putri kami saat itu 3 menjelang 4 tahun, masa-masa dia menikmati waktu di Kindergarten. Masa yang tidak terlalu membuat nyaman putri kami, tiga bulan tanpa Kindergarten.

Dari kota Shanghai, suami saya ditugaskan ke Beijing. Puji syukur, banyak perusahaan Jerman yang ada di negara China.  Banyak warga negara Jerman di sana, sehingga Kindergarten dan sekolah berbahasa Jerman juga ada di sana. Saya memang memilih sekolah berbahasa Jerman, lantaran kami tinggal di Beijing untuk sementara saja. 

Dalam kurun waktu hampir dua tahun di Beijing, setiap 3 atau 4 bulan sekali kami harus bolak-balik terbang Jerman - Cina. Cukup melelahkan, di samping itu mempengaruhi pasang surut kehidupan rumah tangga.

Saya, ketika berada di Tiongkok, negara yang bahasanya tidak saya mengerti, sibuk mengurus anak, sendirian. Sementara suami saya sangat sibuk dengan pekerjaannya. Bisa dikatakan dari Senin hingga Minggu mereka harus bekerja mengejar target tugas yang telah ditetapkan. Ditambah lagi, suami saya terkadang harus melakukan perjalanan tugas ke luar kota dan luar negeri.

 

"Kalau sering ditinggal sendirian di negara lain, lebih baik saya dan anak kembali ke Jerman. Tinggal di rumah sendiri dengan lingkungan yang kami mengerti."

Ada seorang teman yang mengatakan bahwa kehidupan kaum ekspatriat seperti ini tantangannya lumayan besar. Memang, kenyataannya ada beberapa teman dan kenalan saya yang pernikahannya gonjang-ganjing, bahkan harus berpisah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun