Tidak semua orang ingin tahu “tolong apa?”. Meskipun jelas-jelas tertulis “Tolong Saya…”, ia tidak menghiraukannya. Namun, Anda menanggapinya.
Bentuk dan tingkat kepedulian manusia berbeda-beda, tetapi satu yang pasti, sifat peduli itu sebenarnya ada pada diri Anda.
Hal itu dibuktikan dengan reaksi peduli yang Anda lakukan pada saat Anda meng-klik artikel ini karena membaca "Tolong Saya..." itu.
Dengan bereaksi terhadap “Tolong saya…”, Anda telah memulai langkah awal dari tindakan peduli yang didorong oleh rasa ingin tahu dan dilanjutkan dengan tindakan menanggapi.
Reaksi awal itulah yang diperlukan oleh semua orang yang meminta tolong, yakni ada tanggapan dari orang lain. Tanggapan itu memberi harapan bagi orang yang meminta tolong.
Peduli adalah salah satu jenis sifat manusia (emotional, feeling). Sifat peduli itu dibuktikan ada pada diri seseorang ketika itu dikerjakan atau memiliki aksi atau ada tindakannya (showing, action).
“Caring: feeling or showing concern for or kindness to others” - MW Dictionary [Peduli: perasaan atau menunjukkan kepedulian atau kebaikan kepada orang lain]
KBBI dengan tepat menempatkan kata ‘peduli’ ke dalam kelompok kata kerja (verb).
Peduli /pe-du-li/ v mengindahkan, memerhatikan, menghiraukan.
Peduli bukan perasaan. Peduli itu kerja. Dikerjakan. Ada reaksi peduli. Ada aksi peduli. Ada tindakan peduli. Ada perbuatan peduli. Ada prilaku peduli.
Peduli bukan inventarisasi kekayaan hati, tetapi aktualisasi kekayaan hati.