Menurut Tomlinson (2001) Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk
menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar
peserta didik sebagai individu. Atau bisa dikatakan juga bahwa pembelajaran
berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan dan mampu
mengakomodir kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai
dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik yang berbeda-beda.
Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran
(hasil tugas, ujian, dsb), tapi juga fokus pada aspek diferensiasi yang lain, yaitu
proses dan juga konten/materi. Penerapan aspek-aspek pembelajaran diferensiasi
ini dapat diterapkan hampir pada semua mata pelajaran.
Aspek pembelajaran berdiferensiasi memiliki 4 macam yaitu:
1 .Aspek Konten
2. Aspek proses
3. Aspek produk
4. Aspek lingkungan belajar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H