Mohon tunggu...
KKN Desa Banjarejo 2022
KKN Desa Banjarejo 2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kami merupakan peserta mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2022

Selanjutnya

Tutup

Nature

Pembuatan Design Logo dan Packaging Produk Pupuk Organik dan Maggot

21 Mei 2022   15:01 Diperbarui: 21 Mei 2022   15:28 1805
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Design Logo sekaligus Packaging Produk Pupuk Organik dan Maggot. dokpri

MALANG -- Desa Banjarejo adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Umumnya mata pencaharian penduduk di desa ini terletak pada sektor pertanian terutama petani sayur. Akan tetapi, harga dari sayur-sayuran di Desa Banjarejo tidak stabil dan sering mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal tersebut mengakibatkan sayur-sayuran yang dijual oleh para petani habis terjual dan banyak yang tersisa sehingga mengakibatkan penumpukan limbah sayur yang merupakan sampah organik di TPS 3R Semar Berseri Desa Banjarejo. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan adanya optimalisasi guna meningkatkan sistem pengelolaan sampah di TPS 3R Semar Berseri Desa Banjarejo agar menjadi lebih optimal. Optimalisasi tersebut dilakukan melalui kegiatan KKN Membangun Desa Universitas Negeri Malang Tahun 2022.

TPS ini langsung berada di bawah naungan dari perangkat desa yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Desa. Namun hingga saat ini, kegiatan pengelolaan sampah di TPS tersebut belum berjalan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya optimalisasi guna meningkatkan sistem pengelolaan sampah di TPS 3R Semar Berseri Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang agar menjadi lebih optimal.

Hasil dari program kerja ini adalah logo dan packaging untuk produk baru berupa maggot dan pupuk organik. Sebagai upaya untuk mengembangkan dan mempromosikan produk baru tersebut, maka diperlukan pengenalan produk tersebut kepada masyarakat luas. Tanpa identitas brand konsumen akan kesulitan untuk membedakan produk dari brand Anda dengan produk dari kompetitor. Ketika memiliki logo, brand Anda memiliki identitas dan wajah yang jelas di mata konsumen.

Apakah brand anda terlihat menarik, profesional, bernilai, atau tidak. Untuk itu sangat penting bagi desainer brand untuk memahami komposisi warna dan bentuk yang baik. Sebab, yang dibeli konsumen bukan hanya produk tapi juga value dan prestige dari brand. Kesuksesan sebuah produk hingga dikenal oleh masyarakat tidak bisa dilepaskan dari sebuah proses yang disebut dengan branding. Branding yang kuat akan sangat mempengaruhi pemasaran dari sebuah produk sehingga lebih dipilih konsumen. Itulah mengapa branding tersebut sangat penting peranannya dalam pemasaran produk tertentu. Merek dengan branding yang sangat kuat bahkan bisa menjadi ikon untuk produk tertentu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun