Mohon tunggu...
Heni Agustiani Anisah
Heni Agustiani Anisah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1- Matematika

Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Undip Mengajarkan Cara Membuat Bangun Ruang dari Sedotan Tanpa Menggunakan Bahan Perekat

20 Juli 2021   21:10 Diperbarui: 20 Juli 2021   21:13 1084
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

REMBANG -- Universitas Diponegoro mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan bersamaan dengan program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yaitu Kampus Mengajar.

Heni Agustiani Anisah, salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro dalam program Kampus Mengajar yang diterjunkan di SDN Pragu, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah membuat bangun ruang dari sedotan plastik atau yang sering dikenal dengan nirmana. Sekilas tentang program Kampus Mengajar merupakan program yang memberdayakan para mahasiwa yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah untuk membantu para Guru dan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. 

Tujuan kampus mengajar yaitu untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi dan membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T. Program tersebut dibentuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran, materi bangun ruang masih kurang optimal dalam penyampaian materinya. Apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang yang menuntut siswa untuk belajar secara mandiri, membuat siswa kurang memahami materi tersebut." Kata Heni Agustiani Anisah

Hal ini membuat mahasiswa KKN Undip Tahun 2021, Heni Agustiani Anisah (20) tertarik untuk membuat media pembelajaran bangun ruang dari bahan di lingkungan sekitar yaitu sedotan. Memulai dengan mencari materi jenis-jenis dan unsur-unsur bangun ruang dari internet, dilanjutkan dengan mencari sedotan plastik yang ada di lingkungan sekitar untuk bisa didaur ulang menjadi media pembelajaran bangun ruang.

Dalam kegiatan pembuatan bangun ruang ini diikuti oleh siswa kelas 5 sebanyak 12 orang yang akan dibagi menjadi 5 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 orang. Kegiatan dimulai dengan menanyakan seberapa paham siswa terhadap materi bangun ruang, lalu dilanjutkan dengan menjelaskan bentuk-bentuk bangun ruang serta unsur-unsur yang ada didalamnya.  

Hasil bangun ruang yang dibuat oleh siswa (dokpri)
Hasil bangun ruang yang dibuat oleh siswa (dokpri)

Para siswa mulai mengukur dan memotong sedotan yang telah dibagikan per kelompok, lalu memulai dengan membuat bangun kubus mengikuti arahan yang telah diberikan. 

Dalam pembuatannya sedotan yang sudah dipotong-potong sesuai panjangnya, untuk yang lebih panjang akan dijadikan sebagai rusuk dari bangun ruang dan untuk sedotan yang lebih pendek akan digunakan untuk penyambung dari rusuk-rusuk tersebut. Selanjutnya, para siswa membuat bangun ruang dengan bentuk yang abstrak  sesuai kreasi masing-masing kelompok.

Hal ini membuat siswa-siswa sangat senang dalam pembelajaran bangun ruang tersebut dan ingin membuat bentuk-bentuk bangun ruang lainnya dengan gembira. Pembuatan media pembelajaran bangun ruang dari sedotan diakhiri dengan perwakilan siswa setiap kelompok mempresentasikan bentuk bangun ruang yang telah dibuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun