Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... Administrasi - Travelers

Bandung, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bikin "Seblak" di Rumah, Mengapa Tidak?

17 April 2020   20:42 Diperbarui: 17 April 2020   20:40 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Produktifitas kalau harus dirumah saja, seblak bikinan sendiripun jadi juga :D

Seblak menjadi salah satu jajanan yang paling diminati saat ini, setujukah? Rasa pedas bercampur gurih dipadu dengan isian (toping) yang bisa disesuaikan selera kita menjadikan seblak sanga nikmat.

Untuk menikmati seblak biasanya saya beli dari pedagang yang berada di sekitar sekolah/ kampus. Namun, karena situasi saat ini dengan adanya himbauan social distancing menjadikan saya memilih meminimalkan aktivitas di luar rumah sehingga saya urungkan untuk membeli seblak.

Seblak instans menjadi alternatif bagi saya untuk tetap menikmati seblak. Untuk seblak instant dapat saya peroleh tanpa harus keluar rumah karena sudah banyak yang berjualan online dan dikirim melalui jasa ekspedisi. Pembuatan seblak instant sangat mudah, seperti halnya merebus mi instant. 

Keseringan membuat seblak instant membuat saya tertarik untuk membuat seblak sendiri agar isiannya dapat disesuaikan dengan selera. Pemilihan isian seblak sangat mudah, seperti: kerupuk, baso, karuhun, batagor, siomay, cilok, telor, sosis dsb. Isian seblak telah memiliki rasa baik gurih ataupun asin sehingga sudah pasti enak. Namun, untuk pembuatan bumbu kuah seblak saya sendiripun merasa ragu, bisa tidak ya seenak buatan penjual seblak kesukaan saya.

Referensi bumbu termasuk takaran untuk kuah seblak saya pilih dari referensi dari https brilicious.brilio.net.

  1. asam jawa 1/2 sdm;
  2. cabau rawit 8 buah;
  3. tomat merah 1/2 buah;
  4. bawang merah 1 1/2 siung;
  5. bawang putih 1/2 siung;
  6. ruas kencur 1 ruas;
  7. gula pasir 1/4 sdt (sesuai selera);
  8. garam halus 1/8 garam halus (sesuai selera).

Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan lalu ditumis. Setelah tercium aroma dari bumbu-bumbu tersebut lalu tambahkan air secukupnya, sarankan secukupnya saja kira-kira setengah gelas atau 100 ml. Air tidak perlu berlebihan agar cita rasa dari bumbu terasa kuat dan ingat kita sedang membuat seblak bukan sop :D. Setelah terlihat mendidih tambahkan isian yang telah dipilih. Untuk toping yang saya pilih adalah siomay, batagor, sosis, baso dan sayur sawi tanpa kerupuk sesuai selera saya.

Ini adalah kali pertama seblak saya buat sendiri, tentu saya belum begitu berharap banyak tentang rasanya. Saya anggap ini sebagai latihan terlebih dahulu berharap seblak buatan sendiri selanjutnya akan enak :D. Untuk kalian penggemar seblak atau yang pensaran bisa dicoba juga lo. Tips bagi yang mau mencoba yang penting yakin dulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun