Mohon tunggu...
Hendy Mustiko Aji
Hendy Mustiko Aji Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Universitas Islam Indonesia

Dosen di Universitas Islam Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Strategi Pemasaran dalam Kehidupan Percintaan

1 Januari 2018   23:10 Diperbarui: 2 Januari 2018   10:00 1875
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Banyak yg kepingin dapat istri yang sederhana dan menerima dia apa adanya, namun strategi 'pemasaran' nya salah total.

Dalam ilmu pemasaran, ada 3 strategi dasar yg harus dipahami, yaitu: Segmenting, Targeting, dan Positioning. Ketiga ini saling berkaitan dan tidak boleh saling terlepas. Oleh karena itu banyak yg menyebutnya sebagai satu kesatuan, yaitu strategi STP.

SEGMENTING berarti membagi konsumen berdasarkan beberapa karakteristik sejenis. Dalam kasus 'memilih istri', maka wanita yg dapat dijadikan calon istri dapat dibagi menjadi beberapa segmen dgn karakteristik sejenis. Misalnya:

  • Berdasarkan FISIK nya:  
  1. Cantik
  2. Kulit putih
  3. Rambut panjang
  4. dst
  • Berdasarkan letak GEOGRAFIS (asal) nya:
  1. Jawa barat
  2. Jawa tengah
  3. Jakarta
  4. Sumatera
  5. dst
  • Berdasarkan SIFAT nya:
  1. Sederhana
  2. Nerimo apa adanya
  3. Pemalu
  4. dst

Harap diperhatikan, SEGMENTING hanya proses membagi-bagi konsumen berdasarkan karakteristik sejenis. Tidak semua konsumen yg sudah disegmen harus dilayani. Pemasar harus memilih SATU atau beberapa segmen untuk dilayani. Segmen yg harus dilayani adalah yang dirasa paling tepat, menarik dan potensial saja. Proses ini disebut dengan TARGETING.

Kalo kita bawa ke konteks mencari istri, segmen calon istri yg dilayani (ditarget) adalah segmen yg sesuai dgn kriteria dan yg berpotensi mau menerima pinangan si pria. Dalam hal ini si Pria harus berkaca pada resource yg dia miliki (internal strength). Kesalahan menganalisis internal strength akan berakibat pada kegagalan dalam proses Targeting.

Setelah melakukan Targeting (sudah memilih segmen yg dirasa paling cocok dan potensial), langkah selanjutnya adalah 'tebar pesona' kepada si target. Bagaimana caranya agar si target ini tertarik untuk membeli produk yg dijual pemasar. Bagaimana juga caranya agar dalam benak dan fikiran si target, produk pemasar punya image yg positif. Proses 'tebar pesona' ini disebut dengan POSITIONING.

Dalam konteks mencari istri, setelah mentarget segmen calon istri, si pria harus tebar pesona kepada calon istri agar calon istri mempersepsikan si pria secara positif sehingga bersedia 'membeli' tawaran/lamaran si pria.

Kita kembalikan ke masalah diawal tadi. Jika si pria men-target calon istri yg SEDERHANA dan NERIMO APA ADANYA, maka tebar pesona (positioning) nya juga harus tepat dan sesuai.

Kebanyakan pria SALAH dalam tahapan ini. Mereka pingin calon istri yg sederhana dan nerimo apa adanya tapi tebar pesona nya dengan memamerkan kemewahan.

Misal:

Ketika PDKT yg ditonjolkan barang mewah seperti mobil, uang, HP, dll. Selanjutnya, ketika melamar datang dengan mengendarai mobil supaya terlihat keren dan impresif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun