Saya menulis ini untuk membantu anda merebut jatah anda lewat distribusi intelektual dalam sebuah industri baru bernilai triliunan rupiah di negeri kita saja.
Pada abad ke-20, hidup kita direvolusi oleh hal-hal seperti mobil, perjalanan udara, komputer pribadi, dan perencanaan keuangan. Dalam hal-hal itu, penemuan-penemuan awal membawa pada kelahiran kerajaan-kerajaan uang dan kekayaan individu bagi para pebisnis dan investor yang masuk lebih dulu. Hal besar berikutnya dari abad ke-21 telah dimulai, dan ia berjanji untuk dengan cara serupa merevolusi hidup kita dan menawarkan peluang-peluang bagi pembangunan kekayaan sangat besar selama bertahun-tahun ke depan.
Hal besar berikutnya ini adalah wellness revolution (revolusi kebugaran). Revolusi ini melahirkan suatu kebutuhan baru dan tak terbatas yang meleburkan diri ke dalam cara kita makan, berolahraga, tidur, bekerja, menabung, menua, dan hampir setiap aspek lain dari hidup kita.
Industri triliunan rupiah berikutnya ini dilahirkan oleh terobosan-terobosan ilmiah dalam biologi dan biokimia sel. Ia sedang menjawab salah satu isu paling besar dari hidup, memecahkan salah satu dari sedikit misteri yang masih ada dari kehidupan manusia—umur dan vitalitas—yang atasnya teknologi masih harus menorehkan sejarahnya.
Untuk mengartikan industri kebugaran dan mengenali peluang-peluangnya, kita pertama harus membedakannya dari sebuah industri terkait yang didasarkan pada sebagian dari teknologi yang sama—industri healthcare (perawatan kesehatan) bernilai triliunan rupiah. Ironisnya, dari triliunan rupiah yang kita belanjakan pada perawatan kesehatan di negeri ini, kebanyakan sangat kecil kaitannya dengan kesehatan.
“Kesehatan” diartikan dalam kamus sebagai “bagus dalam tubuh, pikiran atau jiwa,” tapi yang kita sebut “perawatan kesehatan” punya fokus yang sangat berbeda, dan akan lebih tepat disebut industri kesakitan.
Industri kesakitan : Produk-produk dan jasa-jasa yang disediakan secara reaktif kepada orang-orang setelah mereka terkena suatu sakit, mulai flu sampai tumor kanker. Produk-produk dan jasa-jasa ini berusaha untuk mengobati gejala-gejala suatu penyakit atau menghilangkan penyakitnya.
Industri kebugaran : Produk-produk dan jasa-jasa yang disediakan secara proaktif kepada orang-orang sehat—yaitu, mereka yang tanpa penyakit yang ada—untuk membuat mereka merasa lebih sehat lagi dan tampil lebih baik, untuk memperlambat efek-efek penuaan, atau untuk mencegah berkembangnya penyakit-penyakit dari awalnya.
Paul Zane Pilzer tak sengaja menemukan industri kebugaran pada 1990-an, seperti begitu banyak orang, lewat suatu pengalaman dengan kesehatannya sendiri. Selama 10 tahun (melawan nasihat medis) dia telah menunda-nunda menjalani operasi lutut yang mahal. Akhirnya, dia mulai meminum suplemen makanan yang disebut glucosamine dan dalam setahun tulang rawannya membaik. Dokter bedah takjub waktu memeriksa sinar-X Paul; dia tak lagi memerlukan operasi itu.
Pengalaman ini mengusik minatnya; dia ingin mencari tahu apa lagi yang tak diketahui dokter bedahnya dan para penyedia medisnya yang lain. Dia juga perhatikan bahwa orang-orang berbelanja lebih banyak pada hal-hal baru seperti program-program olahraga dan pelatih-pelatih kebugaran, suplemen-suplemen dan makanan-makanan organik, pengobatan alternatif dan terapi-terapi anti-penuaan. Paul mulai meneliti bidang ini dan segera sampai pada suatu kesimpulan menakjubkan: Industri baru dan sedang bangkit ini, yang sepuluh tahun lalu saja nyaris belum ada, sudah merupakan sebuah bisnis $200 milyar.
Ini merupakan suatu peluang ekonomi luar biasa. Jutaan orang yang mengeluarkan milyaran dollar untuk memajukan kebugaran mereka merupakan suatu sektor ekonomi baru dan berkembang yang makan dan hidup secara lebih sehat daripada siapa pun yang sudah-sudah dalam sejarah. Mereka terutama adalah orang-orang kaya yang, begitu mulai punya uang, mulai mencari cara-cara mereka bisa lebih sehat—di luar lembaga medis. Hari ini, misalnya, sektor ini membelanjakan lebih $70 milyar per tahun pada vitamin-vitamin dan suplemen-suplemen makanan.
Siapa orang-orang ini? Kebanyakan baby boomers: orang-orang makmur dari usia 40 sampai 60. Baby boomers adalah generasi pertama dalam sejarah yang menolak untuk secara membuta menerima proses penuaan dini. Mereka juga suatu kekuatan ekonomi digdaya; di AS mereka menyusun hanya 28% penduduk negeri itu—namun kelompok ini dan belanja mereka menyusun 50% ekonomi AS.
Sampai belakangan ini, pemasaran kepada baby boomers hanyalah tentang cara membantu mereka ingat seperti apa menjadi muda—musik oldies (nostalgia), pakaian retro, dan mobil-mobil bergaya ’50-an. Kini, ia telah berjalan selangkah lebih jauh. Masa ini, boomers mulai membeli hal-hal yang sesungguhnya membuat mereka lebih muda dalam hal memiliki tubuh yang lebih sehat, indera-indera lebih jeli dan pikiran lebih tajam!
Dan industri kebugaran ini belum lama berjalan. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu ada produk-produk macam itu, dan seiring lebih banyak orang tahu tentang kebugaran, sektor ini sedang meledak.
Pada tahun 2000, waktu Paul pertama mulai mengkaji tren ini, dia terkejut menemukan bahwa kebugaran di Amerika sudah merupakan sebuah bisnis $200 milyar. Lima tahun kemudian pada 2005, ia telah berlipat dua menjadi bisnis $400 milyar! Sampai tahun 2010, ia telah menjadi industri triliun-dollar berikutnya.
Dalam dekade lalu, banyak orang yang telah mencapai kekayaan baru menghasilkan kekayaan mereka dalam komputer. Dalam dekade ini, jauh lebih banyak akan menghasilkan kekayaan baru mereka dalam kebugaran.
MLM Online Kebugaran
Suatu pertanyaan dasar yang perlu anda ajukan sebagai pebisnis yang ingin sekali menguangkan tren ini: Bagaimana orang-orang akan belajar tentang semua pendekatan baru terhadap kesehatan dan kebugaran mereka ini?
Tentu bukan lewat para dokter mereka. Para dokter, rumahsakit-rumahsakit dan perusahaan-perusahaan farmasi kebanyakan adalah bagian dari “industri kesakitan” karena, hingga belakangan ini, kebanyakan ilmuwan dan pemimpin kebijakan publik memandang kebugaran atau perawatan preventif sebagai praktik medis jadi-jadian.
Masa ini, banyak studi ilmiah telah membenarkan apa yang tampaknya selama ini diketahui segelintir orang saja: Ada ratusan atau ribuan pengobatan manjur untuk membuat orang-orang merasa lebih sehat, untuk memperlambat efek-efek penuaan, atau untuk mencegah penyakit-penyakit berkembang dari pertamanya. Tapi sampai anda lebih dulu mengalami salah satu pengobatan ini manjur bagi anda atau salah seorang anggota keluarga anda, anda mungkin akan tetap jadi orang skeptis dan dan melewatkan perbaikan kualitas hidup anda, dan pengurangan ongkos-ongkos perawatan kesehatan jangka-panjang anda.
Informasi yang benar tentang menu makan, gizi, vitamin-vitamin, mineral-mineral dan suplemen-suplemen hampir semua bertentangan dengan apa yang telah kita dengar dari komunitas medis kita. Bagi banyak orang, ia bertentangan dengan cara kita dibesarkan. Di luar sana beredar begitu banyak informasi yang tak akurat; orang-orang terkondisikan pada itu.
Waktu mereka pertama mendengar informasi bagus baru, alaminya mereka akan skeptis. Satu-satunya jalan kebanyakan orang akan sesungguhnya mengubah paradigma mereka atau mulai belajar informasi baru adalah orang ke orang—karena mereka secara aktif terlibat dalam suatu percakapan.
Cara terbaik untuk belajar tentang kebugaran adalah melalui seseorang yang dekat dengan anda yang telah mempunyai suatu pengalaman kebugaran. Anda melihat tetangga anda dan meluncurlah, “Ya Allah, Andi, kamu kelihatan segar sekali! Kelihatan sehat sekali—apa yang kamu lakukan?” Anda kebetulan menemui suatu pengalaman kebugaran dan mulai menemukan bahwa ada sebuah industri kebugaran akbar di luar sana, dengan semua jenis produk dan jasa baru.
Dengan kemajuan pesat pemasaran Internet, model terbaik untuk mewujudkan perubahan itu adalah dengan anda membangun bisnis MLM online anda sendiri yang berbasiskan kebugaran. Silakan kontak saya bila anda butuh bantuan saya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H