Mohon tunggu...
Hendy Kusmarian
Hendy Kusmarian Mohon Tunggu... Administrasi - pemandu medan perang bisnis

http://terobosan.biz.id/pemandu-perang-bisnis/

Selanjutnya

Tutup

Money

Serius, Apa Beda Pemasaran dan Penjualan?

1 September 2015   12:24 Diperbarui: 1 September 2015   12:24 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa itu marketing (pemasaran)? Anda bisa jawab pertanyaan itu?

Guru marketing Philip Kotler mengatakan, ‘Keyakinan bahwa pemasaran dan penjualan itu sama adalah pandangan umum dan keliru yang dianut baik oleh publik maupun banyak pebisnis.’ Dan saya ingin menambahkan banyak pengusaha dan pencari peluang online juga! Mereka merancukan penjualan Internet dengan pemasaran Internet dan keduanya sangat berbeda.

Sederhananya, pemasaran itu membuat pasar menginginkan produk atau jasa Anda. Sebenarnya saya kira Peter Drucker merangkumnya dengan baik dengan memberitahu kita apa sebenarnya tujuan pemasaran itu, ‘Tujuan pemasaran adalah membuat penjualan berlebihan atau tak diperlukan.’

Nah, sudahkah Anda sepenuhnya yakin seperti kebanyakan pemasar direct-response bahwa setiap perusahaan besar dijalankan oleh sekelompok orang bodoh yang membuang-buang banyak sekali uang pada apa yang mereka sebut pemasaran dan periklanan?

Sudahkah Anda pertimbangkan bahwa mungkin saja, para ahli pemasaran yang membangun Coke, Nike, Sony, dll. mungkin mengetahui sesuatu yang kita tidak tahu?
 
Saya bisa mengatakan dari pengalaman pribadi bahwa periklanan umum/citra dan iklan kelembagaan (di mana Anda tidak tahu beda antara headline yang bagus dan yang buruk) bisa saja sangat sukses bagi Anda. Lalu baru ketika Anda mengenal periklanan direct-response-lah Anda bisa mengandalkan periklanan untuk membuat telepon Anda berdering (segera) sehingga Anda melakukannya secara eksklusif.   

Saya tidak menyarankan Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk pemasaran dan periklanan pembangun citra. Ini tentu jauh lebih berisiko dan jika itu tidak berhasil ia bisa jadi salah satu pemborosan terbesar uang.

Tapi, saya pikir terlalu banyak pebisnis online keliru percaya bahwa satu-satunya pemasaran dan periklanan yang efektif adalah jenis yang mengejar penjualan seketika. Dan saya pikir tingkat berpikir ini menyebabkan suatu kesenjangan sangat lebar yang sangat merugikan para pemasar online berupa keuntungan yang hilang.

Sekali lagi, ingat definisi pemasaran. Pemasaran itu membuat pasar menginginkan produk atau jasa Anda. Dan pertanyaan kami untuk Anda adalah, menggunakan definisi ini, Apakah Anda melakukan suatu jenis pemasaran?

Klik untuk mengunduh ebook Manifesto Bisnis Supersukses untuk info lebih lanjut bagaimana sebagian perusahaan terbesar dan paling sukses membelanjakan sebagian besar anggaran pemasaran dan penjualan mereka pada pemasaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun