Mohon tunggu...
Hendroo Lapantuju
Hendroo Lapantuju Mohon Tunggu... Guru - Berbagi inspirasi

Belajar bersyukur dan menikmati hidup

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modul 2.1 tugas 2.1.a.6 Refleksi Terbimbing

13 Juli 2021   13:48 Diperbarui: 13 Juli 2021   14:02 7156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Haii, kali ini saya akan berbagi tugas guru penggerak pada modul 2.1 yaitu tugas 2.1.a.6 Refleksi Terbimbing -Pembelajaran Berdiferensiasi. 

  1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?

Materi tentang pembelajaran berdeferensiasi dapat menjadi solusi dari masalah pembelajaran di kelas saya. Setiap murid dilahirkan dengan bakat dan kemampuan yang unik. Hal ini menjadi tantangan bagi guru agar bisa memenuhi kebutuhan belajar setiap muridnya. Dengan pembelajaran yang berdiferensiasi mungkin akan cukup membantu untuk belajar siswa.

  1. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

Yang sulit untuk diterapkan adalah penerapan kepada seluruh murid. Bagaimana mendesain variasi pembelajaran yang dapat memenuhi semua kebutuhan murid itu yang masih bingung. Kalau hanya satu atau beberapa mungkin bisa, tapi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh siswa itu yang masih ragu. Apalagi dengan pembelajaran daring, akan lebih sulit lagi memenuhi kebutuhan belajar anak karena keterbatasan perangkat, jaringan dan juga waktu. Mendesain variasi belajar secara daring sepertinya lebih rumit karena interaksi dengan murid selama proses pembelajaran juga terbatas sehingga guru tidak bisa mengamati dan melihat perkembangan belajar murid secara langsung.

  1. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

Selama pembelajaran daring dukungan yang sangat dibutuhkan adalah dukungan dari orangtua/ wali di rumah. Harapannya adalah orangtua terlibat secara aktif dan juga ikut mendampingi/mengawasi kegiatan belajar anaknya di rumah. Sehingga akan akan tercipta kolaborasi yang baik antara guru dengan orangtua untuk bersama-sama membantu memenuhi kebutuhan belajar anaknya.

  1. Jika Anda menghadapi sebuah situasi, dimana kebutuhan belajar siswa Anda tidak dapat diakomodasi oleh pembelajaran berdiferensiasi beranikah Anda mengambil risiko untuk memodifikasi pembelajaran Anda, meskipun hal tersebut mungkin tidak umum atau tidak sesuai dengan sistem yang ada? Jelaskan pendapat Anda dengan alasannya.

Sudah menjadi tugas guru untuk menuntun dan membimbing siswa, memenuhi semua kebutuhan belajarnya. Jadi, guru harus kreatif dan mampu berinovasi  atau memodifikasi pembelajaran untuk mengupayakan agar seluruh siswa dapat menerima dan menyerap materi dengan baik. Selama itu demi pemenuhan kebutuhan siswa, bagi saya tidak masalah asal juga tidak menyalahi aturan yang ada.

Demikian tugas pada modul 2.1.a.6 Refleksi Terbimbing - Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Semoga bermanfaat, kritik dan saran dipersilahkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun