Hendro Gunawan
Hendro Gunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa ; karyawan

Membaca, menulis artikel, web brosing dll

Pendidikan

Pengalaman Paling Tidak Terlupakan Dalam Hidupku

15 Juni 2022   12:04 Diperbarui: 23 Juni 2022   01:55 208

Rekreasi ke Kota Malang

Menurut saya rekreasi adalah kegiatan yang paling menyenangkan, selain itu rekreasi juga dapat menghilangkan rasa bosan dan tegang, rekreasi juga dapat membuat pikiran menjadi segar kembali. Rekreasi merupakan  kegiatan yang positif yang sering dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesenangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) rekreasi juga dapat diartikan sebagai penyegaran kembali badan dan pikiran; sesuatu yang menggembirakan hati dan menyegarkan seperti hiburan, piknik. Kita dapat menikmati keindahan alam dengan cara berekreasi seperti mencari hiburan, bermain-main santai, bersenang-senang, pergi ke gunung, pantai, danau, dan tempat-tempat wisata alam lainnya. Banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan panorama alam yang indah yaitu suatu pemandangan alam yang bebas dan luas.

Saat berlibur, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan bekal yang cukup seperti makanan, minuman, uang, dan peralatan yang dibutuhkan untuk rekreasi, terutama alat-alat khusus yang mendukung keselamatan (safety) bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Misalkan dalam berenang kita harus memakai baju renang, kacamata khusus untuk berenang dan pelampung agar tidak tenggelam. Sebelum berangkat ke tempat rekreasi panitia wajib mengadakan pengarahan (briefing) terlebih dahulu kepada para pesertanya. Panitia rekreasi membuat rincian jadwal dan susunan acara rekreasi dari awal keberangkatan sampai akhir kegiatan. Hal ini bertujuan agar acara berjalan dengan lancar, aman, dan tertib sesuai dengan yang diharapkan.

Setiap akhir tahun biasanya perusahaan tempat saya bekerja mengadakan acara rekreasi untuk para karyawannya. Sebelum mengikuti acara tersebut karyawan dan karyawati harus mendaftar terlebih dahulu ke bagian panitia rekreasi dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia rekreasi. Setelah mendaftar kami dibagi ke dalam beberapa kelompok bus sesuai dengan bagiannya masing-masing. Perusahaan kami menyewa bus dengan fasilitas yang dapat dibilang sudah cukup memadai untuk kelayakan dalam perjalanan. Dalam arti bahwa bus yang kami sewa sudah memiliki fasilitas seperti Air Conditioner (AC), Wireless Fidelity (WI-FI), televisi, dan toilet.

Waktu itu tepatnya pada tanggal 27 Desember 2018 sebelum adanya pandemi Covid-19, kami berangkat ke kota Malang dengan menggunakan armada bus Wali Songo (WS) dengan tujuan Saygon Waterpark yang lokasinya berada di Pasuruan Kabupaten Malang Jawa Timur. Kami berangkat dari PT Indospring Tbk  plant 2 sekitar pukul 07.30 WIB. Sebelum berangkat kami berdoa untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selamat sampai di tujuan. Kami juga melakukan pertemuan untuk mendengarkan pengarahan dari panitia rekreasi. Oleh panitia kami dijelaskan tata cara bagaimana kita memasuki area wisata dari awal masuk hingga pulang. Di sini kita diwajibkan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku di dalam area wisata tersebut. Lama perjalanan dari Gresik ke kota Malang memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 39 menit, dengan jarak yang harus ditempuh kira-kira 80 kilometer. Sesampainya di sana kami langsung disambut dengan ramah oleh pihak pengelola wisata setempat. Kami langsung memasuki loket utama untuk mengambil tiket. Di sana ada berbagai jenis arena bermain seperti kolam renang, bioskop, panggung hiburan, dan tempat khusus untuk bermain anak-anak. Tempat yang paling banyak digemari oleh pengunjung yaitu kolam renang. Rata-rata mereka menghabiskan waktunya untuk bermain di air. Di sana banyak sekali orang yang mandi atau hanya sekadar melihat film di bioskop.

dokpri

Selain sebagai tempat wisata, Saygon Park juga sering dijadikan sebagai tempat diadakannya acara lomba kejuaraan renang tingkat nasional maupun internasional. Kami berenang di kolam yang tidak terlalu dalam dengan suhu air yang normal dan arus buatan yang tidak begitu kuat sambil mengelilingi panggung hiburan. Saya menggunakan kamera handphone untuk merekam gambar dan mengabadikan momen penting tersebut sambil berenang. Kami bermain  ombak kecil yang disebut dengan tsunami, hal ini tidak terlalu membahayakan bagi orang disekitarnya karena ombaknya tidak begitu besar, namun kami harus hati-hati karena dapat menimbulkan terjadinya benturan antara sesama teman. Kita harus menyewa pelampung agar tidak tenggelam supaya terhidar dari hal-hal yang dapat membahayakan tubuh kita. Berdasarkan peraturan kami diperbolehkan bermain hingga sampai pukul 15.00 WIB, jika kita lewat dari batas jam tersebut maka kita akan ketinggalan bus. Setelah puas bermain di lokasi wisata tersebut, kamipun kemudian menuju pintu keluar untuk  kembali ke lokasi bus dan pulang. Di dalam perjalanan pulang biasanya kami singgah dahulu ke masjid Muhammad Cengho untuk menunaikan ibadah salat. Kami juga belanja ke pasar buah Pandaan untuk membeli oleh-oleh. Setelah kembali dari kota Malang kami langsung pulang menuju rumah masing-masing. Kami sangat senang dengan acara yang telah diadakan oleh perusahaan untuk para karyawan dan keluarganya.

Hal ini merupakan pengalaman yang  paling tidak terlupakan dalam hidupku. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya acara tersebut kita dapat menjalin keakraban hubungan kekeluargaan antara sesama karyawan dan staf, atasan dan bawahan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja di dalam lingkungan perusahaan. Terima kasih.