Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Blogger di www.sudutplambon.com, banyak membahas seputar dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar dari Pengalaman: Rahasia Jitu Menjadi Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah

13 Mei 2024   21:25 Diperbarui: 13 Mei 2024   21:29 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi

Semasa kuliah, saya seringkali mengikuti berbagai lomba Karya Tulis Ilmiah dan Essai Ilmiah. 

Ini saya lakukan untuk mengisi waktu luang.  Saya juga mendapatkan banyak benefit dari kegiatan yang diikuti tersebut.

Mulai dari penghargaan, uang, piala, jalan-jalan gratis dan tentunya mendapatkan banyak sekali relasi setiap kali mengikuti kompetisi.

 Bahkan, kemampuan berfikir kritis saya juga lebih meningkat serta mampu mengembangkan inovasi dan kreativitas yang dimiliki.

Keuntungan berikutnya bagi saya, saya semakin terbiasa dalam menulis karya ilmiah. Ketika tugas akhir nanti, kita tidak kesulitan lagi karena sudah terbiasa dan publik speaking kita telah terlatih bagus lantaran sering mempresentasikan gagasan yang kita punya.

Berbagai macam lomba karya tulis ilmiah telah saya ikuti, baik itu di tingkat fakultas hingga tingkat nasional.

Dari pengalaman saya mengikuti berbagai kompetisi tersebut, setidaknya ada beberapa hal yang selalu perlu diperhatikan agar mampu menjadi juara.

Ini mungkin dapat membantu kalian. Kalian tidak perlu khawatir karena semua teknik dan cara yang saya ajarkan sudah saya praktekan dan tentunya telah berhasil membawa saya memenangkan puluhan kompetisi penulisan.

Barangkali saya tidak perlu lagi menjelaskan apa itu Karya Tulis Ilmiah dan apa itu Essai. Kalian bisa saja mencari pengertian dan struktur penulisannya di internet. 

Biasanya, struktur penulisan memiliki format yang hampir sama saja namun sedikit berbeda tergantung panduan dari panitia penyelenggara lomba yang penting kalian harus paham membedakan Essai dengan lomba Karya tulis ilmiah (LKTI) terlebih dahulu.

Sering kali kita terkecoh dengan kedua format penulisannya, sehingga tulisan yang seharusnya untuk Essai malah dibuat seperti LKTI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun