Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Blogger di www.sudutplambon.com, banyak membahas seputar dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Mengejar Sarjana, Menepati Janji untuk Mama

30 November 2023   01:55 Diperbarui: 30 November 2023   02:14 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota Ambon merupakan tempat di mana aku menempuh pendidikanku di Perguruan Tinggi. Jarak dari kota berjuluk manis ini dengan tempat di mana aku berasal bisa ditempuh dengan kapal cepat maupun feri, kurang lebih 2-3 jam. Memang, sejak 4 tahun lalu aku berkuliah, jarang sekali aku pulang ke rumah untuk melepas rindu dengan masakan mama. 

Biasanya pulang kampung paling banyak hanya dua kali dalam setahun, biasanya pada libur semester atau Natal. Akan tetapi, pada tahun 2022 kemarin, setahun lebih aku tidak pulang kampung lantaran aku harus super sibuk mengurus kegiatan organisasi. Kebetulan aku diberikan tanggung jawab menjadi ketua dewan perwakilan mahasiswa di fakultas. Sekitar bulan Maret 2023, baru aku kembali ke Pulau Seram, tempat di mana aku tinggal dan berasal.

Itupun aku pulang lantaran sakit berat akibat kelelahan mengurus berbagai kegiatan kemahasiswaan yang nonstop. Mama di kampung khawatir tak ada yang bisa mengurusku di kosan. Selain itu, sejak kecil kalau biasanya sakit, aku tak bisa jauh-jauh dari mama, karena mama adalah orang yang paling memahami diriku.

Setelah satu minggu aku di kampung, kondisiku mulai membaik dan aku memutuskan kembali ke Ambon untuk melanjutkan aktivitas perkuliahan ku. Tepat di bulan April waktu di mana aku harus mengikuti salah satu mata kuliah kerja nyata alias KKN, sebelum aku turun ke lokasi KKN, mama telah menyiapkan semua yang aku butuhkan. Aku sering menghubungi mama lewat telepon dan sering kali bercerita apa saja yang aku lakukan di tempat KKN. 

"Ingat kondisimu, jaga makanmu, hati-hati di sana," itulah kata yang sering kali mama ucapkan.

 16 Juni 2023, aku berhasil menyelesaikan satu tahap dalam proses pendidikanku, yakni seminar proposalpenelitian. Oh iya, beberapa hari sebelum aku seminar, mama telah mengirimkan semua perlengkapan yang aku butuhkan, mulai dari kemeja putih, celana hitam, sepatu, dan lain-lain.

Memang sejak kecil aku selalu menjadi anak yang selalu diperhatikan mama, aku dan mama begitu dekat. Beberapa minggu kemudian, tepatnya 28 Juni 2023, aku kemudian kembali ke Seram untuk melakukan kegiatan penelitian. Kebetulan penelitianku dilakukan di kampung di mana aku berasal. Ketika aku tiba di rumah, mama sedang mencuci pakaian di sungai. Kebetulan di belakang rumah ada sungai. 

Tak seperti biasanya, kali ini mama melompat kegirangan melihat aku pulang. Mama kemudian memegang pipiku sambil memeluk erat dan menciumku. Seperti biasanya, mama selalu menyiapkan apa yang aku butuhkan. Selama hampir dua minggu melakukan penelitian, aku setiap malam tidur dan bercerita dengan mama. Ada banyak hal yang mama sampaikan, termasuk merencanakan wisudaku nanti. 

"Mama sudah menyiapkan tas buat pergi ke wisudamu nanti," ujar mama berulang kali tiap hari.

 Melihat semangat mama untuk menemaniku nanti di acara wisuda membuat aku semakin semangat untuk menyelesaikan skripsiku. Aku kemudian berjanji kepada mama kalau akan kubuat usaha untuk menyelesaikan studiku bulan Agustus. 

"Tak usah dipaksakan, tak usah terburu-buru, pelan-pelan saja," itu kata mama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun