Mohon tunggu...
HENDRA SURYADININGRAT
HENDRA SURYADININGRAT Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang Guru yang menyenangkan dan suka dengan seni

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

27 Juli 2024   10:07 Diperbarui: 27 Juli 2024   10:12 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3: Visi Guru Penggerak

Menggunakan Model Refleksi 4 F 

(Fact, Feeling, Findings, Future)

Oleh: Hendra Suryadiningrat., S.Pd.

CGP Angkatan 11 Kec. Bayongbong Kab. Garut-Jawa Barat

1. Fact (Peristiwa)

Dalam Pendidikan Calon Guru Penggerak pada modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak, saya mengawalinya dengan belajar secara mandiri. Setelah membaca modul, saya diminta untuk membuat membayangkan gambaran peserta didik di masa depan. Gambaran tersebut kemudian kami tuangkan dalam sebuah cerita narasi.

Dalam bayangan saya, gambaran peserta didik 5-10 mendatang tak akan lepas dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Untuk itulah saya membayangkan peserta didik di masa depan adalah peserta didik yang melek akan teknologi. Mereka akan memanfaatkan teknologi dengan maksimal untuk menggali informasi. Selain itu, peserta didik di masa depan yang saya bayangkan adalah murid yang berpikir kritis dan kreatif. Mereka juga memiliki kemauan untuk berkolaborasi untuk mengerjakan proyek tertentu.

Setelah tahapan 'Mulai dari Diri', kami berlanjut ke tahapan eksplorasi konsep. Disini, saya mempelajari tentang Inkuiri Apresiatif dan Kanvas BAGJA. Kedua istilah tersebut terasa asing bagi saya. Itu sebabnya saya merasa tertantang untuk mempelajarinya.

Menurut Cooperrider & Whitney (2005), Inkuiri Apresiatif adalah suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun