Mohon tunggu...
Hendra Dwi Nurianto
Hendra Dwi Nurianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNUSA

Buat akun untuk tugas matkul BIndo

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pengalaman Saya Pertama Kali Bekerja dengan Modal Ilmu Magang

27 Oktober 2022   12:00 Diperbarui: 27 Oktober 2022   15:56 1270
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya akan menceritakan pengalaman pertama kali saya bekerja dan saat ini  saya bisa kuliah karena hasil kerja saya sendiri. Saya berasal dari SMK negeri 2 surabaya jurusan Instalasi Tenaga Listrik lulusan tahun 2019 selama saya duduk di bangku SMK saya cukup aktif di pelajaran terutama di pelajaran pokok yaitu Instalasi Tenaga Listrik dan saya pernah magang di PT Kereta Api Indonesia ( Pesero ) selama 6 bulan di bagian Listrik dan AC. Selama saya magang saya belajar banyak mengenai kelistrikan dan ac di gerbong kereta api.

Tidak hanya belajar Listrik dan ac saya juga di ajari bagaimana sikap bersosial, bertanggung jawab, dan pentingnya menjaga hubungan baik sesama pekerja di lingkungan tersebut. Dan pengalaman tersebut sangat berharga bagi saya dan sampai saat ini saya masih menjaga tali silaturahmi kepada pembimbing  dan teman temannya yang bekerja disana. saya juga tidak menyangka bahwa pengalaman saya saat magang bisa jadi modal penting untuk bekerja pada perusahaan saat itu.

Awal mula saya bekerja ialah saat HRD PT Kawan Lama Group ( INFORMA ) bekerja sama dengan sekolah saya untuk mengadakan rekrutmen di sekolah dengan modal pengalaman magang saya tadi saya mencoba melamar pekerjaan. Alhamdulillah dari kurang lebih 300 anak yang melamar saya keterima dan waktu itu hanya ada 2 orang yang di terima dan kebetulan teman saya satu kelas dan magang jadi kami bisa bertemu lagi saat bekerja. 

Saya bekerja di INFORMA di departemen Commercial Service selama 3 tahun 1 bulan dan Alhamdulillah banyak pengalaman saya disana mulai dari teknik listrik dan pendingin lalu cara menghandle custumer dari yang baik sampai ruwet dan permintaan yang aneh aneh kebetulan juga di sana hanya saya dan teman saya yang belum pernah bekerja sebelumnya dan alhamdulillah teman teman disana sangat mensupport kami. 

Foto bersama semua karyawan informa (Dokpri)
Foto bersama semua karyawan informa (Dokpri)

Foto saat bekerja (Dokpri)
Foto saat bekerja (Dokpri)

Selama itu pula saya mulai banyak sekali pengalaman terutama di bidang pembersihan dan pemasangan  AC / Pendingin. dan disitu juga saya menyadari bahwa Keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 ) itu sangat penting terutama saya yang bekerja langsung dilapangan banyak sekali saya menemui situasi yang tak terduga dan bahkan bisa membahayakan nyawa saya.

Saya rasa dari semua teman kerja saya cuma saya yang sangat memperhatikan keselamatan kerja contohnya menjauhkan stop kontak dari cipratan air, memastikan AC dalam kondisi mati tanpa listrik, dan memastikan tangga yang dipakai masih layak untuk digunakan. bahaya yang saya hadapi bukan hanya itu ada juga faktor cuaca yang sangat membahayakan saya ketika dalam perjalanan ke rumah custumer dan hal hal lain yang tak terduga saat berkendara.

Dari pengalaman tersebut juga saya merasakan ada beberapa aturan di perusahaan saya yang saya rasa tidak sesuai lalu saya cari tahu apa itu Keselamatan Dan Kesehatan Kerja dan setelah 3 tahun 1 bulan saya bekerja saya memutuskan untuk resign dan menggunakan seluruh tabungan saya untuk biaya kuliah karena menurut saya investasi paling berharga adalah Ilmu. 

Foto id card (Dokpri)
Foto id card (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun