Seperti yang kita ketahui, karyawan adalah aset paling penting di perusahaan menurut jackma, Jika budaya organisasi memiliki kualitas karyawan yang sangat kreatif, inovatif dll itu akan lebih mudah menyaingi perusahaan pesaing
Begitu pula sebaliknya jika budaya organisasi perusahaan memiliki karyawan di bawah rata-rata tentu ini akan sulit bagi perusahaan untuk bersaing oleh karna itu, HRD perlu mengevaluasi kesenjangan antara karyawan dimasa sekarang untuk kemajuan perusahaan kedepannya
Terkadang perusahaan lebih mengedepankan profit tanpa mempertimbangkan apakah penting keterampilan karyawan, Akibatnya perusahaan merekrut pegawai dengan jumlah yang banyak tetapi tidak adanya kemajuan perusahaan dalam berbisnis maupun bersaing
Ada baiknya perusahaan mulai melihat masa depan dengan melakukan level up ketrampilan dan kompetensi karyawan, Sehingga budaya organisasi akan berkembang secara bertahap dan perusahaan pun akan mengalami kemajuan
Tahapan menerapkan Workspace Planning
1. Analisis Strategi Tujuan Orientasi Perusahaan
Penting bagi kita mengetahui tujuan jangka perusahaan. kita harus mengevaluasi kelebihan dan kekurangan setiap lini operasional perusaahan. sehingga kita bisa mengetahui divisi apa yang perlu kita kembangkan untuk mengoptimalkan produktivitas perusahaan
Apabila perusahaan tidak memiliki anggaran yang cukup untuk merekrut ahli baru, maka dapat melakukan pelatihan SDM, jadi setiap divisi dapat lebih merata tanpa adanya kesenjangan
2. Ketahui kebutuhan SDM yang perlu di kembangkan
Kita harus melakukan pendekatan terhadap lini divisi karyawan. Bangun komunikasi secara mendalam dan ketahui apa yang di butuhkan karyawan dalam bekerja tentu kita harus membuat skala prioritas divisi mana yang darurat sehingga kita bisa meningkatkannyaÂ