Mohon tunggu...
Hendra Saputra
Hendra Saputra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya sebagai mahasiswa yang telah lolos MBKM Studi Independen

Hobi saya bermain voli

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Kelompok 8 Universitas Djuanda Bogor

31 Agustus 2022   17:23 Diperbarui: 31 Agustus 2022   17:25 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

KKN Kelompok 8 Universitas Djuanda Bogor

Transformasi Digital di Bidang UMKM

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 8 Universitas Djuanda Bogor, Melaksanakan KKN di Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan Ibu Nispi Yani Sya’Banniah, S.M ini merupakan program wajib yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dalam kuliah kerja nyata, sebagai wujud pengabdian mahasiswa pada masyarakat. Kegiatan KKN ini berfokus pada dua UMKM, yaitu UMKM Lele Banjarwangi dan UMKM Peci Assagofah

Dok pribadi
Dok pribadi

Kegiatan dengan tema kelompok "PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM BERBASIS PENGUATAN EKOSISTEM EKONOMI DENGAN KREATIVITAS BISNIS, PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING DI DESA BANJARWANGI”. 

Pelaksanaan KKN bertujuan untuk membantu Mahasiswa  meningkatkan kemampuan bersama masyarakat, menerapkan ilmu dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan hasil produksi dan budidaya yang benar serta diminati oleh masyarakat dengan melakukan optimalisasi  digital. 

Oleh karena itu, Mahasiswa ini dapat memberi edukasi serta wawasan pada pelaku ekonomi untuk menambah pengetahuan dari para pengusaha UMKM.

Ketua KKN Kelompok 8, Hendra Saputra menjelaskan, kegiatan utama (program kerja) yang kami laksanakan di Desa Banjarwangi  yaitu :

  • Branding, pembuatan logo produk agar UMKM memiliki identitas dan ciri khas tersendiri sehingga mudah dikenali oleh komsumen
  • Digital marketing, pembuatan akun e-commerce (shopee), sosial media dengan landing page whatsapp. 

  • Dengan tujuan agar produk UMKM dapat menjangkau market lebih luas lagi karena sebelumnya mayoritas produk UMKM ini jangkauan marke-nya hanya daerah lokal kabupaten bogor.

  • Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), bertujuan agar UMKM memiliki identitas yang sah dari negara sebagai pelaku usaha.
  • Pelatihan pencatatan laporan keuangan, karena UMKM di Desa Banjarwangi dalam pencatatan laporan keuangannya masih menggunakkan metode manual, sehingga UMKM keingungan dalam menentukan antara uang UMKM dan uang sendiri,

  • Pentitikan lokasi di google maps, untuk memudadhkan konsumen menemukan tempat UMKM.

  • Inovasi pakan pada budidaya lele, untuk menghemat biaya produksi budidaya lele, mengingat harga pakan pabrik yang cukup mahal.
  • Dan program tambahan yaitu membantu pelaku  UMKM dalam memproduksi produknya.

Dok pribadi
Dok pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun