Kemarin, 27 Oktober, para penulis atau konten kreator yang memanfaatkan jalur media besutan google, memperingatinya sebagai Hari Blogger Nasional.
Hari Blogger Nasional ini menurut catatan sejarah, pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu.
Empat tahun berselang, Pesta Blogger telah berubah menjadi event On Off Indonesia (OnOffID).
Jika pada awalnya Pesta Blogger hanya berfokus kepada pesta akbar pertemuan para blogger se-Indonesia, maka lambat laun konsep tersebut mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis.
Sejak mengalami perubahan nama menjadi OnOffID, Pesta Blogger mulai menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya.
Jadi, keberadaan Blog tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata.
Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Media blog pertama kali diperkenalkan oleh Blogger.com dari PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Setelah itu, banyak aplikasi-aplikasi lain sejenis yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger untuk bisa mengembangkan blog yang dimiliki.
Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Ambil contoh Raditya Dika. Berkat menjadi  pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat, ia memberanikan diri mencetak isi blog-nya.Â
Buku pertama yang terbit dengan judul Kambing Jantan mendapat penjualan terbaik dalam skala nasional. Cerita dalam buku itu juga kemudian diangkat ke dalam film dengan judul yang sama dan dibintangi sendiri oleh Raditya Dika.
Terus Meningkat