Mohon tunggu...
Hendi Tjhai
Hendi Tjhai Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar / Pelajar Sekolah

Namo Buddhaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menggambar Dapat Membawa Ketenangan Terhadap Diri

7 Mei 2024   23:23 Diperbarui: 8 Mei 2024   00:04 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menggambar adalah salah satu aktivitas dalam menciptakan seni. Lebih jelas menggambar adalah suatu aktivitas dimana seseorang menyampaikan bentuk sebuah imajinasi yang ada dalam pikiran individu dengan suatu alat bantu. Penyampaian yang disampaikan dengan membentuk gambar yang memuat gagasan, ide, dan simbol dari pikiran individu. Didalam penyampaian gambar, Biasanya seorang penggambar menyampaikan perasaannya, emosi yang dialami juga kondisi dalam kehidupan.

Pada artikel ini, saya akan mencoba untuk mengungkapkan perasaan yang saya alami pada saat saya menggambar, bagaimana perasaan yang dialami seseorang dan manfaat yang didapat dari mencoret - coret menggunakan alat bantu secara imajinasi. Ijinkan saya untuk menyampaikan perasaan pribadi yang saya alami untuk paragraf kedepan. 

Saat ini kehidupan berlalu dengan terstruktur pada waktu, banyak manusia yang hidup dan melakukan aktivitas penting bagi kehidupannnya maupun yang lain. Teknologi juga berkembang dengan pesat setiap abad, dalam masa ini kita juga terkena dampak dari perkembangan teknologi. 

Didalam masa ini juga hampir seluruh dari kita mempunyai handphone, yang sangat membantu dalam menyelesaikan aktivitas dalam kehidupan. Biasanya jika kita mempunyai waktu luang rata - rata dari kita pasti bermain ponsel dan berbaring tanpa melakukan apapun. Kita dapat melakukan aktivitas lain yang produktif maupun melakukan hobi lain, misalnya disini saya akan menjelaskan salah satunya yaitu dengan menggambar.

Menggambar ini merupakan aktivitas yang menurut saya sangat bermanfaat meskipun sedikit maupun banyak, bukan hanya karena mengisi waktu luang, menggambar juga memberi banyak manfaat yang dapat ditemukan.  Manfaat - manfaat yang dapat ditemukan dalam menggambar menurut saya yaitu :

  • Membantu menjernihkan dan meningkatkan kreativitas dalam pola pikir seseorang : Dengan mencoret - coret pada gambar, pikiran kita terbuka mengenai cara untuk memperindah dan menciptakan keindahan dalam kertas itu. Menggambar menuju terhadap proses berpikir kreatif, yang dimana dapat " menjernihkan " pikiran dalam masa kini
  • Menenangkan kondisi hati dan pikiran serta mengurangi stres : Dengan mengukir ide- ide yang terdapat dalam sendiri, seseorang dapat menjadi lebih tenang atas pembukaan mereka, maka menggambar ini merupakan salah satu sarana untuk membawa ketenangan dalam diri. Menggambar juga dapat mengurangi stres, hal ini disebabkan keindahan yang dipandang atas pencapaian diri sendiri tentu membawa kebanggaan.
  • Meningkatkan keterampilan individu terhadap motorik : Dengan menggerakan tangan, mewujudkan imajinasi yang ada dalam pikiran dengan tangan, sarana ini membantu dalam mengontrol genggaman tangan untuk  meningkatkan presisi dalam menggerakan tangan.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi serta lebih memperhatikan detail : Setelah menggambar, kita dapat memperindah hasil karya kita dengan mewarnai. Saat pemilihan warna- warna yang banyak, kita secara tak sadar melatih kemampuan berpikir dalam pemilih penggabungkan warna sehingga dapat menciptakan kecocokan harmonis. Dengan itu kita fokus terhadap bagian bagian yang ada dalam karya yang bervariasi.

Dalam pengalaman yang saya alami saat menggambar, adalah dimana saya merasakan ketenangan dan pikiran saya menjadi lebih ringan. Saya menjadi lebih takjub terhadap indahnya dunia ini hanya lewat coretan, dan bersyukur. Saya sendiri tidak berniat untuk menyampaikan makna apapun saat menggambar, hanya meningkatkan keterampilan saya dan lebih bangga atas kerjanya. Dengan membuat keindahan dalam hasil sendiri maupun dapat mengungkapkan diri, seseorang akan merasa puas terhadap dirinya dan bangga. Atas aktivitas ini saya juga dapat memperhatikan aspek - aspek yang penting dalam hidup .

Saya rasa inilah akhir dari penjelasan yang saya berikan atas perasaan yang saya alami. Kesimpulan yang dapat diberikan ialah menggambar ini bukan hanya saraan dalam membuang waktu luang, tetapi memanfaatkannya untuk meningkatkan mindfulness ( kesadaran penuh ), dengan ini mungkin seseorang dapat menjadi lebih bersyukur atas kehidupan yang diberikan. 

Demikian juga seseorang dapat menjadi lebih berbahagia dan meningkatkan kualitas hidup. Artikel yang saya tulis beberapa memuat pandangan saya sendiri, saya tidak berniat  menyinggung pihak manapun. Saya meminta maaf jika ada kesalahan kata ataupun misinformasi dalam artikel ini, semoga artikel ini dapat membantu memperluaskan ilmu pengetahuan anda. Namo Buddhaya.

Sabbe Satha Bhavantu Sukhitatta , Semoga semua mahkluk hidup berbahagia.

Sumber Informasi dan Referensi :

  • Menggambar - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  • Pengertian Menggambar Menurut Para Ahli - IlmuSeni.com -- Untuk memperdalam pengetahuan saya mengenai pandangan orang terhadap seni


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun